Selasa, 23 Juli 2019

Media Tanam yang Baik Anggrek Bulan

Tags


Cara merawat anggrek bulan

cara menanam anggrek bulan di pakis,cara merawat anggrek bulan yang layu,cara merawat anggrek bulan agar rajin berbunga,alat dan bahan untuk menanam anggrek, cara menyiram anggrek bulan,
cara menanam anggrek bulan,media tanam anggrek bulan,pupuk 

ANGGREK BULAN, merupakan jenis bunga yang tidak asing bagi pecinta bunga anggrek, karena bunga ini mempunyai jenis serta bentuk kuntum bunga yang banyak variasinya.
Batang yang pendek serta daun yang hijau tebal dan lebar merupakan daya pikat yang mempesona bagi bunga anggrek ini. Disamping itu bunga anggrek bulan akan menambah keindahan bila di tempatkan di dalam ruangan.
Bunga anggrek yang cara hidup di alam hanya menempel pada tanaman lain, dan tidak merugiakan pada tanaman tersebut. Dan anggrek akan mendapat keteduhan serta kelembaban dari tanaman yang di tempati.
Bila menyimak cara hidup perakaran bunga anggrek di alam, maka bunga anggrek tidak senang terhadap kelembaban yang tinggi. Karena perakaran bunga anggrek di alam tidak di balut oleh media tanam.
Media tanam yang di perlukan bunga anggrek bulan, untuk di budidayakan di butuhkan  media tanam  yang mempunyai sifat yang tidak banyak mengandung air dan tidak mudah kering tetapi bisa menahan kelembaban sampai beberapa hari. Apalagi bila menanam bunga anggrek berada di luar rumah yang akan terpapar hujan, maka di perlukan media tanam yang cepat tuntas.
Untuk media tanam yang di perlukan untuk bunga anggrek bulan agar pertumbuhan subur serta bunga lebat dan warna yang cerah sebagai berikut :
1.   Sabut kelapa
Di gunakan sabut kelapa sebagai media tanam karena sabut kelapa mempunyai serat serat yang halus sehingga bila di siram atau di guyur hujan yang deras, sabut kelapa akan cepat tuntas , di samping itu bila di pupuk, maka pupuk akan masuk di dalam serat dan tidak mudah menguap, sehingga pupuk akan di serap oleh perakaran anggrek lebih maksimal.
2.   Arang kayu
Media tanam arang kayu di perlukan dalam menanam bunga anggrek karena arang juga mempunyai unsur hara yang baik untuk tanaman tetapi tidak banyak mengikat air
3.   Akar Pakis
Untuk akar pakis juga mengandung unsur hara yang sangat berguna dalam kesuburan bunga, tidak banyak mengikat air.
Agar bunga anggrek bulan bisa cepat subur maka di perlukan kombinasi media tanam seperti contoh di ata. Bila bunga anggrek bulan akan di tanam di pot maka perlu di kombinasikan dalam menggunakan media tanam tersebut.
Manfaat mengkombinasikan media tanam tersebut antara lain :
1.   Media tanam cepat tuntas
2.   Media tanam tidak banyak menyerap air
3.   Media tanam  kelembaban tidak tinggi
4.   Saling mengisi unsur – unsur hara
5.   Mudah di dapat
6.   Harga murah
Cara mengkombinasikan media tanam tersebut bila di gunakan dalam pot adalah bisa di lakukan perbandingan sabut kelapa 2 bagian , arang satu bagian dan akar pakis 1 bagian.