Minggu, 14 Juli 2019

Penjelasan Lengkap Bunga Anggrek Cattleya Bunga Sampai Penangkaran

Tags


Tutorial Bunga Anggrek Cattleya

penjelasan bunga anggrek cattleya, cara tanam,bunga cattleya thailan,media tanam,ciri - ciri,penangkaran,
cara menangkarkan bunga anggrek cattleya

Bunga anggrek catteya merupakan jenis bunga anggrek yang mempunyai kuntum bunga yang besar serta mempunyai daun yang besar pula, bunga anggrek catteya mempunyai jenis dan corak warna yang banyak. Warna kuntum bunga yang bervariasi menambah daya tarik bunga ini.
Seperti bunga anggrek yang lain, bunga anggrek cattleya cara hidupnya menumpang pada pohon sebagai tempat berdiri ,dan  akar menempel kuwat pada pohon. Hal ini tidak merugikan pada pohon yang di tumpangi atau di tempeli bunga anggrek. Karena hidup di bawah naungan pohon maka kelembaban bisa terjaga , dan menjadi sumber kehidupan bunga anggrek.

Secara ilmiyah klasifikasi bunga anggrek cattleya ( sumber wikipedia )
Kingdom     : Kelas
Divisi          : ordo
Kelas           : Famili
Ordo            : asparagalas
Famili         : orchidaceae

Bunga anggrek kettleya juga di sebut Ratunya anggrek karena bunga ini mempunyai kuntum bunga yang cukup besar dan mempunyai jenis yang banyak serta warna bunga yang sangat bervariasi, yang tidak kalah menarik dari kuntum bunganya adalah bentuk bunga yang indah dengan corak warna yang tajam.
Harga bunga cattleya sangat terjangkau untuk di beli, harga di pasaran cukup bervariasi tergantung dengan keindahan bunga cattleya, Jenis bunga cattleya yang bersal dari thailan mempunyai harga yang lumayan karena jenis bunga ini mempunyai kuntum yang lebih besar dan warna yang lebih bervariasi.

Ciri Bunga cattleya

penjelasan bunga anggrek cattleya, cara tanam,bunga cattleya thailan,media tanam,ciri - ciri,penangkaran,pupuk,
Batang dan akar bunga cattleya
1.Batang
Batang bunga cattleya berbentuk bulat dan kecil pada bagian bawah atau bagian pangkal batang, serta akan mengelembung atau membesar semakin keatas tinggi sekitar 25 cm sampai dengan 30 cm. Warna batang akan tampak hijau bila kurang terkena sinar matahari dan akan tampak menguning kehijauan bila mendapat sinar matahari yang banyak.

penjelasan bunga anggrek cattleya, cara tanam,bunga cattleya thailan,media tanam,ciri - ciri,penangkaran,pupuk,
ciri daun bunga cattleya terkena sinar matahari penuh

2.Daun
Daun bunga cattleya berbentuk bulat lonjong, kecil pada bagian bawah den membesar pada bagian tengah serta akan mengecil dan melengkung pada ujung daun. Daun tebal mempunyai ukuran panjang sekitar 15 cm sampai 20 cm,  dan 5 cm pada bagian tengah daun, warna daun akan tampak menghijau bila kurang mendapat sinar matahari dan akan tampak hijau kekuningan bila mendapat banyak sinar matahari. Jumlah daun rata rata terdiri 2 helai.

3. Akar
Akar bunga cattleya menempel kuat pada media tanam dan akar berwarna hijau ketika muda dan akan berwarna putih setelah tua. Akar lebih besar di banding bunga anggrek yang lain.
Akar anggrek  lunak serta mudah patah, pada bagian ujung meruncing, licin dan lengket. Akar anggrek mempunyai lapisan filamen yang bersifat spongy atau berongga.

4. Bunga
Bunga anggrek cattleya mempunyai kuntum yang besar serta mempunyai warna yang bervariasi dan warna yang tajam.

Kuntum bunga anggrek terdiri dari

penjelasan bunga anggrek cattleya, cara tanam,bunga cattleya thailan,media tanam,ciri - ciri,penangkaran,pupuk,
Bunga anggrek Bulan

1.Sepal
Sepal adalah pelindung bunga bagian luar ketika masih kuncup.
Bunga anggrek mempunyai  3 helai sepal, dan akan  membuka terlebih dahulu ketika bunga anggrek mulai akan  mekar. Ketiga sepal pada umumnya mempunyai kesamaan bentuk, sepal yang bagian atas adalah sepalum dorsale serta kedua sepal yang lain disebut sepalum lateralia yang terletak disebelah kiri dan kanan bagian bawah.

2.Petal
Diantara ketiga sepal  terdapat tiga lembar yang disebut petal. Dan pada waktu bunga masih kuncup petal dibungkus oleh sepal. Ketiga petal yang dinamakan daun mahkota. Kedua petal bagian paling atas mempunyai bentuk  sama, dan petal yang ketiga berlainan, disebut dengan  labellum. Tiap-tiap jenis bunga anggrek mempunyai labellum yang  berbeda.

3.Gynostenium
Bunga anggrek mempunyai bentuk gynaecium atau putik yang bersatu dengan benang sari. Anggrek dapat pula disebut golongan gynandrae karena putik dan benang sari menjadi satu. kepala putik atau stigma yang merupakan suatu lobang. Dalam stigma ini terdapat getah yang memungkinkan bunga menerima tepung sari.

4.Buah
Biji di dalam buah sangat banyak. Biji-biji anggrek  tidak mempunyai cadangan makanan seperti biji tanaman lain. Cadangan makanan yang diperlukan dalam perkecambahan dan pertumbuhan awal biji. Dan untuk pertumbuhan dibutuhkan gula dan senyawa-senyawa lain yang berasal dari luar atau dari lingkungan sekelilingnya untuk pertumbuhan beji. Untuk mendapatkan buah pada bunga anggrek di perlukan perkawinan, dan perkawinan ini bisa berasal dari bantuan manusia atau perkawinan alam yang di bantu oleh serangga.

Penagkaran bunga anggrek cattleya
Untuk menangkarkan bunga anggrek cattleya cukup mudah, karena bunga anggrek ini bisa di perbanyak melalui batang sehingga bisa memindah batang yang sudah tua untuk di tangkarkan.

Cara menangkarkan bunga anggrek cattleya :
1.   Pisahkan batang yang sudah tua dari rumpun bunga dengan menggunakan gergagi atau yang lain.
2.   Celupkan pada pupuk hormon perangsang tumbuh
3.   Balut atau lilit pada bagian pangkal perakaran dengan menggunakan sabut kelapa atau yang lain sehingga kelemban akan tetap terjaga.
4.   Siram pada bagian yang di balut
5.   Taruh pada tempat media tanam atau pot
6.   Letakan pada keteduhan

Media tanam bunga anggrek cattleya
Untuk media tanam yang di gunakan oleh para penghobi bunga anggrek sangat beragam. Bisa berupa arang, pakis, sabut kelapa, moss atau yang lain.

Susunan media tanam bisa di baca di :

          Tempat Media Tanam Bunga Anggrek Dengan Pot Besar Panjang


Cara tanam bunga anggrek cattleya
1.   Bisa di tempel di pohon
2.   Dengan menggunakan pot
3.   Di tempel di tembok
4.   Dll


Penjelasan Bunga Anggrek Cattleya dari Bunga Sampai Penangkaran