Jumat, 15 November 2019

Mie Ongklok Lezatnya Bikin Ketagihan Makanan Khas Wonosobo

Tags




Wonosobo merupakan  kabupaten di  Jawa Tengah. Kabupaten ini berbatasan dengan Kabupaten Temanggung dan Kabupaten Magelang di timur, Kabupaten Purworejo di selatan, Kabupaten Kebumen dan Kabupaten Banjarnegara di barat, serta Kabupaten Batang dan Kabupaten Kendal di utara.(sumber Wikipedia )

Mie Ongklok Wonosobo,wisata kuliner,tempat wisata wonosobo, kawah dieng, telaga warna dieng,candi arjuna dieng, tempat wisata dieng,nama tempat wisata wonosobo,
Mie ongklok wonosobo yang lezat


Wonosobo merupakan kota pegunungan yang mempunyai banyak tempat wisata di antaranya wisata dieng, pemandian air panas kalianget, telaga warna dieng,candi arjuna dieng, sumur jalotunda dieng, kawah dieng, dan masih banyak lagi.
Wonosobo kota pegunungan yang mempunyai udara yang sangat sejuk, udara yang dingin , dan kabut yang tebal.
Bila berwisata atau bepergian  ke  Wonosobo Jawa Tengah, jangan lupa untuk mencicipi makanan kas Wonosobo yaitu Mie Ongklok.
 Udara di kota Wonosobo yang dingin sangat pas  untuk menikmati untuk mencicipi  semangkuk mie Ongklok yang panas. Mie ongklok merupakan perpaduan antara mie kuning  dengan kuah yang lezat.
Mie ongklok Sebetulnya juga mirip dengan mie ayam atau masakan kuliner mie yang lain, Bahan utama berupa mie kuning , yang membedakan dengan mie yang lain adalah pada kuahnya yang Unik, kuah mie ongklok dari makanan khas Wonosobo tidak encer melainkan menyerupai karamel atau agak kental.  Kuah tersebut dibuat dari tepung tapioka yang kenyal dengan peracikan bumbu yang sangat pas. Soal rasa mie ongklok , terasa manis, asin dan gurih yang bercampur menjadi satu. Mie ongklok bila dihidangan  makin nikmat jika dicampur dengan sayur kol dan lebih cocok lagi bila ada sate daging sapi serta tempe mendoan akan tambah gayeng nyantap mie ongklok. Karena mie ongklok merupakan makanan kas wonosobo maka akan mudah di dapat di sepanjang jalan wonosobo.

Bahan-bahan mie ongklok      :
1. Minyak untuk menumis 3 sendok makan
2. Mie kuning 300 gram,

Bumbu yang dihaluskan
1.   Daun bawang kucai ½ ikat ,dan di iris-iris 2 cm
2.   Kaldu daging 750 ml
3.   Daun kol 4 lembar
4.   Kecap manis 3 sendok makan
5.   Bawang merah 4 siung
6.   Bawang putih 2 siung
7.   Merica butir ½ sendok teh
8.   Garam 1 sendok teh
9.   Daging sapi r 100 gr,
10.Tepung kanji 1 sendok makan, larutkan dengan sedikit air

Cara Memasak mie ongklok

Panaskan minyak goreng,Tumis bumbu hingga halus dan sampai berbau harum,
Masukkan daging yang telah di potong dan direbus.
Tambahkan kol, daun bawang kucai, dan kaldu daging, Masak hingga mendidih.
Bubuhkan kecap manis, masukkan mi basah
Aduk-aduk, kentalkan dengan larutan tepung kanji
Angkat dan sajikan selagi masih panas.