Selasa, 27 Desember 2016

Kemegahan Candi Borobudur

Tags


Borobudur, Borobudur peninggalan Nabi, Candi Borobudur, Kisah Nyata Borobudur peninggalan Nabi sulaiman, candi borobudur peninggalan nabi sulaiman, nabi sulaiman, Candi Of Indonesia, Tourist Destination, Borobudur (Place Of Worship), On The Spot Terbaru, On The Spot Trans7 Terbaru, On The Spot,indonesia, candi prambanan, prambanan, Rara Jonggrang, Indonesia,cerita rakyat,dongeng,
Candi Borobudur

Candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang Jawa Tengah dan sekitar 40 km dari kota Yogyakarta. Bangunan candi Borobudur yang mempunyai 10 tingkat bagian dan terdiri dari 6 tingkat yang berbentuk bujur sangkar sedangkan 3 tingkat mempunyai bentuk bundar melingkarserta sebuah stupa utama sebagai puncaknya. Pada setiap tingkat akan terdapat beberapa stupa. Jumlah seluruh stupa berjumlah sekitar 72 buah. Dan setiap stupa terdapat patung Budha . Sepuluh ingkat yang menggambarkan Buddha yaitu sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui untuk mencapai kesempurnaan menjadi Buddha di nirwana. Kesempurnaan ini dilambangkan oleh stupa utama di tingkat paling atas. Struktur Borobudur bila dilihat dari atas membentuk struktur mandala yang menggambarkan kosmologi Buddha dan cara berpikir manusia.


Borobudur yang berada di pulau Jawa tepatnya di Magelang, Jawa Tengah merupakan salah satu tempat peribadatan umat Buddha serta merupakan kompleks atau kawasan  candi yang terbesar dan sangat menarik di dunia. Candi Borobudur sangat menarik bagi wisatawan dari berbagai belahan penjuru dunia karena kecantikan kemegahannya dan sejarahnya.
Candi Borobudur sangat  terawat dengan baik serta mudah diakses. Candi Borobudur terletak di kabupaten Magelang, candi Borobudur akan  dengan mudah dijangkau dari kota Yogyakarta. Menikmati sunrise yaitu melihat panorama keindahan matahari terbit dari Candi Borobudur. Juga akan menikmati keindahan  pemandangan gunung merapi dan merbabu. Dan akan memandang keindahan kabut putih kemerahan yang bertaburanwarna merah , kuning keemasan memancar rendah dari ufuk timur, yang perlahan naik memudar ke jagat raya.

Selain menikmati pemandangan dan keindahan Borobudur, terdapat juga beberapa museum dikompleks candi. Salah satunya adalah Karmawibhangga Archaeological Museum. Di sekitar museum terletak sekitar 4.000 batu asli candi dan ukiran. termasuk juga koleksi patung Buddha. Kita juga dapat melihat serangkaian foto-foto yang mendokumentasikan sejarah candi Borobudur. Ada juga arena menaiki gajah di kompleks candi.
Borobudur, Borobudur peninggalan Nabi, Candi Borobudur, Kisah Nyata Borobudur peninggalan Nabi sulaiman, candi borobudur peninggalan nabi sulaiman, nabi sulaiman, Candi Of Indonesia, Tourist Destination, Borobudur (Place Of Worship), On The Spot Terbaru, On The Spot Trans7 Terbaru, On The Spot,indonesia, candi prambanan, prambanan, Rara Jonggrang, Indonesia,cerita rakyat,dongeng,
Candi Borobudur

       Pada setiap stupa akan terdapat patung Buddha. Sepuluh tingkat menggambarkan filsafat Buddha yaitu sepuluh tingkatan Bodhisattva yang harus dilalui agar mencapai kesempurnaan menjadi Buddha di nirwana. Kesempurnaan yang dilambangkan dengan stupa utama di tingkat paling atas .Di keempat sisi candi terdapat pula pintu gerbang serta tangga ke tingkat di atasnya seperti sebuah piramida. Hal ini yang menggambarkan filosofi Buddha yaitu untuk semua kehidupan berasal dari bebatuan..
Bangunan candi borobudur   berupa tumpukan  batu raksasa yang mempunyai ketinggian total 42 meter. Pada setiap batu disambung tanpa mempergunakan semen atau perekat. Batu-batu hanya disambung berdasarkan pola dan ditumpuk. Bagian dasar  Borobudur berukuran sekitar 118 m pada Sedangkan relief mulai dibuat setelah batu-batuan tersebut selesai ditumpuk dan disambung. Relief terdapat pada dinding candi. Candi Borobudur memiliki 2670 relief yang berbeda. Relief ini dibaca searah putaran jarum jam. Relief ini menggambarkan suatu cerita yang cara membacanya dimulai dan diakhiri pada pintu gerbang di sebelah timur. Hal ini menunjukkan bahwa pintu gerbang utama Candi Borobudur menghadap timur seperti umumnya candi Buddha lainnya.

TAG :#Borobudur, #Borobudur peninggalan Nabi,  #Candi Borobudur,  #Kisah Nyata Borobudur peninggalan Nabi sulaiman,  #candi borobudur peninggalan nabi sulaiman,  #nabi sulaiman,  #Candi Of Indonesia,  #Tourist Destination,  #Borobudur (Place Of Worship),  #On The Spot Terbaru,  #On The Spot Trans7 Terbaru,  #On The Spot, #indonesia,  #candi prambanan,  #prambanan,  #Rara Jonggrang,  #Indonesia, #cerita rakyat, #dongeng,
 Terima Kasih Telah berkunjung di RUMAH DAUN MUDA