Sabtu, 31 Desember 2016

Wisata PLTA Wadaslintang Kebumen

Tags

Wadas lintang,PLTA wadas lintang,waduk wadaslintang,wisata kebumen,wisata wonosobo, tempat wisata wadaslintang,perikanan wadaslintang,mancing mania,SMK PN,smk pn2, smk pn purworejo,PLTA karangkates,PLTA Jatiluhur,plta gajah mungkur,PLTA,PLTA di Indonesia,Fungsi waduk wadas lintang,mancing mania,obyek wisata,pariwisata,pengairan sawah,irigasi sawah,manfaat waduk,kebumen,wonosobo,wisata kebumen,
PLTA WadasLintang

PLTA wadaslintang adalah pembangkit listrik tenaga air yang terletak pada dua wilayah yaitu di kecamatan wadaslintang kab.Wonosobo dan di kec.padurekso kab.kebumen jateng Indonesia. Waduk wadaslintang sebagai sumber air utama dari sungai atau kali gede serta beberapa sungai kecil-kecil.

PLTA Wadaslintang mempunyai kapasitas 2x8 MW (16 MW), sebagai operasional PLTA Wadaslintang mengandalkan pasokan air dari Kali Gede dan aliran air sungai kecil-kecil. Sehingga aktifitas operasional PLTA tergantung dari air sungai.
Waduk Wadaslintang mempunyai banyak fungsi penting, guna menopang kehidupan , diantaranya :
2.   Perikanan
3.   Pariwisata
4.   Mencegah banjir
5.   Penampung air
Wadas lintang,PLTA wadas lintang,waduk wadaslintang,wisata kebumen,wisata wonosobo, tempat wisata wadaslintang,perikanan wadaslintang,mancing mania,SMK PN,smk pn2, smk pn purworejo,PLTA karangkates,PLTA Jatiluhur,plta gajah mungkur,PLTA,PLTA di Indonesia,Fungsi waduk wadas lintang,mancing mania,obyek wisata,pariwisata,pengairan sawah,irigasi sawah,manfaat waduk,kebumen,wonosobo,wisata kebumen,
PLTA Wadaslintang

Manfaat Waduk Wadas Lintang
Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) menerima pasokan dan fungsi berasal dari aliran aliran air waduk yang dipergunakan untuk pembangkit energi listrik. PLTA adalah suatu sistem pembangkit listrik yang biasanya terintegrasi dalam waduk dengan memanfaatkan energi mekanis aliran air untuk memutar turbin, diubah menjadi energi listrik melalui generator. Besarnya debit pembangkitan tenaga listrik sangat tergantung dari debit pembangkitan dan tinggi jatuh efektif. Kedua faktor tersebut sangat bervariasi terhadap waktu dan tempat. 
     

Debit maksimum untuk pembangkitan tenaga listrik sebesar 24,0 m3 /detik dengan tinggi terjun maksimum 115,0 m dan tinggi terjun minimum 57,5 m. Tipe turbin yang dipakai adalah tipe “Francis” dua unit dengan kapasitas daya listrik terpasang yang mampu dihasilkan adalah sebesar 2 x 8,4 MW, sedangkan produksi energi tahunannya mencapai 92,0 GWH. Mengingat kebutuhan air untuk PLTA bergantung pada besarnya kebutuhan irigasi, maka kebutuhan untuk PLTA tidak menambah besarnya kebutuhan air (demand). hal ini dikarenakan air keluaran melalui outlet turbin digunakan sebagai suplesi bagi irigasi. ( Sumber : http://eprints.undip.ac.id/34245/7/1773_chapter_IV.pdf )
 Irigasi Waduk Wadaslintang  yang di gunakan untuk  mengairi lahan pertanian 
masyarakat sekitar waduk wadas lintang , serta untuk mencukupi kebutuhan air untuk
lahan pertanian pada musim kemarau.
 Pariwisata Lokasi yang cukup indah dan pemandangan waduk Wadaslintang sangat indah sehingga banyak wisatawan untuk berkunjung untuk melihat keindahan waduk      wadas lintang. Keramaian wisatawan untuk menikmati alam wadaslintang pada hari-hari libur atau liburan anak sekolah.
Mancing Mania dengan lokasi waduk yang luas sehingga akan leluasa para mancing        mania untuk memancing ikan. Sudah kondang akan ikan – ikan dari waduk wadas lintang yang besar – besar, sehingga banyak para pemancing dengan leluasa dan rasa puas untuk menikmati mancing di alam bebas.
TAG. Wadas lintang,PLTA wadas lintang,waduk wadaslintang,wisata kebumen,wisata wonosobo, tempat wisata wadaslintang,perikanan wadaslintang,mancing mania,SMK PN,smk pn2, smk pn purworejo,PLTA karangkates,PLTA Jatiluhur,plta gajah mungkur,PLTA,PLTA di Indonesia,Fungsi waduk wadas lintang,mancing mania,obyek wisata,pariwisata,pengairan sawah,irigasi sawah,manfaat waduk,kebumen,wonosobo,wisata kebumen,


Terimakasih telah berkunjung di RUMAH DAUN MUDA