Jumat, 25 November 2016

Lomba, Karnaval Agustusan Dan Kemeriyahan Kemerdekaan RI

Tags

Lomba, Karnaval Agustusan Dan Kemeriyahan Kemerdekaan RI

lomba agustusan, karnaval agustusan, lomba tangkap ikan, lomba pancat jambe,
Gapuro Agustusan

Perayaan hari ulang tahun Republik Indonesia, penuh dengan tontonan yang menarik serta aneh – aneh. Dan lomba yang di adakkan memang lomba yang kas perayaan Agustusan, masyarakat merayakan dengan suka cita. Bila bulan Agustus tiba maka masyarakat bersuka cita mempersipkan datangnya hari Kemerdekaan RI. Masyarakat mengadakan bersih lingkungan sehingga tampak di sepanjang jalan tampak bersih dan asri.  



Aneka warna umbul umbul berjajar di pinggir jalan untuk meramaikan suasana perayaan. Gapura yang serba spontan di busat oleh warga menjadi tradisi di  bulan Agustus.


Agustus identik dengan bulan penuh lomba-lomba , sehingga akan tampak meriah sekali. Lomba panjat pinang merupakan tren di bulan Agustus, Lomba panjat pinang selalu menyedut pengunjung yang banyak, dan antosias warga untuk berebut hadiah yang di taroh di pucuk pinang sangat banyak. Poho pinang yang di lumuri dengan oli menyebabkan pohon menjadi licin sengga akan tampak lucu dan enak untuk sajian hiburan. Walaupun dengan susah untuk mendapatkan hadiah tetapi yang mengikuti untuk mengambil hadiah sangat banyak. Gelak tawa yang riuh ketika pemanjat pohon selalu terpelorot sehingga tampak lucu sekali.




Ada pula lomba balap karung yang tidak kalah menarik, lomba ini menerapkan peraturan. Kedua kaki harus masuk dalam karung dan kedua tangan memegang karung, sehingga pemain akan berjalan dengan tersendat- sendat, dan kemungkinan jatuh sangat besar, saat seperti ini yang menjadi sorak- sorei penonton.
Serta masih banyak lagi lomba – lomba yang lain, yang di adakan oleh masyarakat. Di setiap desa dan di setiap lorong tampak kemeriahan dan kebingaran perayaan kemerdekaan. Yang menandakan masyarakat sangat senang dan gembira menyambut serta merayakan kemerdekaan.

Dan yang menjadi momentum yang sangat meriah yaitu adanya pawai atau karnaval agustusan. Sehingga masyarakat akan berbondong-bondong tumpah ruah unuk menyaksikan rombongan karnaval, karena karnaval merupakan ajang kreativitas warga yang bersifat sepontan dan di kerjakan hanya sesaat, akan tetapi hasil kreatifitas tersebut sangat menarik dan mengagumkan.



Terima kasih telah berkunjung di Rumah Daun Muda