Sabtu, 26 November 2016

Uji Pompa Hidram Air di Mata Air, Murah Operasional

Tags


Pompa Hidram

pompa hidram,pompa tanpa BBM, pompa tanpa listrik,harga pompa hidram,pompa ejlek,pompa dongki,cara kerja pompa hidram,jenis pompa hidram,
Pompa Hidram

Pompa Hidram atau pompa ejlek ( Jawa ) merupakan jenis pompa yang tidak memerlukan energi listrik maupun energi BBM, untuk  menggerakan atau menjalankan pompa hidram. Energi tekanan air akan mampu untuk menggerakan pompa hidram ini, fungsi dari pompa hidram adalah untuk menaikan air dari yang rendah ke daerah yang lebih tinggi. Pompa hidram hanya bisa di gunakan pada daerah yang mempunyai air yang melimpah dan mempunyai selisih ketinggian tertentu. Semakin tinggi jarak pompa dengan sumber air maka kerja pompa hidram akan lebih sempurna.


Bila suatu daerah mempunyai sumber air yang berlebih dan mempunyai selih ketinggian yang curam sangat baik, bila menggunakan pompa hidram ini, karena pompa hidram akan mengurangi biaya operasional yang besar di bandingkan dengan pompa listrik atau yang memakai bahan bakar.

Mata air Jumbleng yang berada di desa Kaliurip kecamatan Bener Kabupaten Purworejo, yang merupakan sumber air bersih yang berada di bawah perkampungan, sehingga bila akan memanfatkan sumber mata air ini, harus memakai pompa agar bisa di gunakan oleh warga. Jika di lihat dari debet air yang terbuang dari mata air cukup besar , sehingga di coba untuk menguji tekanan mata air ini dengan menggunakan pompa hidram.
Agar air dari mata air Jumbleng ini bisa terkumpul, perlu di lakukan pembendungan, sehingga air bisa terkumpul dan menambah tekanan air. Karena ini hanya uji kemampuan tekanan air dari mata air, maka pembendungan di lakukan dengan menumpuk karung yang di isi dengan tanah.
Jarak mata air dengan pompa hidram 16 meter dan selisih tinggi mata air dengan pompa hidram sekitar 1,5 meter, peralon penggerak pompa hidram 2’, dengan sambungan peralon di perkuat dengan tali karet. Untuk menghidupkan pompa hidram tidak semudah yang di bayangkan, akan tetapi perlu teknik kusus untuk menghidupkan pompa ini, perlu kejelian serta ketelitian agar air bisa mengalir sesuai yang di harapkan.
Untuk uji awal dengan pompa hidram yang kami lakukan, hasilnya kurang memuaskan, karena air yang mengalir cukup kecil, Setelah ada perbaikan pompa hidram untuk uji yang kedua, hasil air yang keluar cukup memberi harapan untuk menaikan air dari sumber mata air dan akan di gunakan oleh masyarakat.

pompa hidram,pompa tanpa BBM, pompa tanpa listrik,harga pompa hidram,pompa ejlek,pompa dongki,cara kerja pompa hidram,jenis pompa hidram,
Pompa Hidram

Dari hasil uji coba ini dapat di simpulkan, bahwa untuk menjalankan pompa hidram air, tidak hanya selisih ketinggian yang curam saja, tetapi dari volume air tandon yang besar dan mempunyai jarak yang jauh bisa untuk menggerakan pompa hidram. Kalau di lihat di media maya sudah banyak perkembangan yang pesat, tentang teknologi pompa hidram, yang bisa menaikan air yang cukup tinggi dan menghasilakan air cukup banyak serta bisa menjangkau jarak yang cukup jauh.

Terima Kasih Telah Berkunjung di Rumah Daun Muda