Rabu, 26 Juni 2019

Cara Agar Bunga Anggrek Dendrobium Tahan Kena Sinar Matahari Dan Tumbuh Subur

Tags

Agar Bunga Anggrek Tumbuh Subur
bunga anggrek, anggrek dendrobium,anggrek bulan,media tanam,cara merawat anggrek, pupuk anggrek,
Anggrek Dendrobium
Merawat bunga anggrek tumbuh subur dan mempunyai kuntum bunga yang indah serta besar – besar adalah harapan bagi pembudidaya. Hal ini bisa tercapai bila dalam perawatan bunga di lakukan dengan telaten serta berkesinambungan.
Bunga anggrek dendrobium merupakan salah satu jenis bunga anggrek yang dalam perawatannya sangat mudah, serta bisa di letakan dengan peneduh ataupun tanpa peneduh. Bila merawat bunga anggrek dengan menggunakan peneduh, maka akan memakan tempat yang banyak, sehingga akan membatasi jenis bunga anggrek yang kita koleksi.

Cara agar bunga anggrek dendrobium tahan terhadap sinar matahari pagi hingga sore adalah
1.      Tangkarkan batang bunga anggrek yang sudah tua.
Pemilihan batang tua anggrek dendrobium dan yang sudah tidak berdaun untuk di tangkarkan, hal ini di pilih karena bila memilih batang yang masih muda untuk di letakan pada daerah yang panas maka daun akan menguning dan seperti terbakar dan batang akan mengkerut seperti akan mati. Hal ini akan berdampak pada pertumbuhan tunas muda atau bakal batang akan tumbuh lama.
2.      Balut batang dengan sabut kelapa atau media lain yang banyak menyerap air
Pembalutan in berguna untuk menjaga kelembaban pada batang agar tetap lembab sehingga akan mempercepat tumbuhnya tunas muda
3.      Letakan langsung pada lokasi yang panas
Meletakan tanaman anggrek langsung ke daerah yang terkena sinar matahari langsung bertujuan agar tumbuhnya tunas muda atau keiki akan langsung bisa beradaptasi dengan panas, sehingga pertumbuhan batang dan daun tidak lagi terbakar atau batang menjadi mengkerut.
4.      Penyiraman
Agar media tanam tetap lembab maka di perlukan penyiraman setiap 2 atau 3 hari, bila media tanam yang di gunakan sabut kelapa atau moss.
5.      Media tanam
Pilihlah media tanam yang mudah menyerap air sehingga kelembaban akan bertahan hingga beberapa hari, dengan cara ini akan mengurangi tenaga dalam perawatan bunga anggrek.
6.      Pemupukan
Pemupukan bisa di lakukan 1 bulan sekali atau 2 minggu sekali, pupuk bunga anggrek yang di gunakan banyak tersedia di toko pertanian.

Cara Untuk memperbanyak Bunga anggrek dendrobium sangat mudah karena jenis bunga anggrek ini cara penangkarannya bisa melalui batang atau biji. Dan yang paling mudah adalah menggunakan batang. Tunas muda atau keiki akan tumbuh di pangkal batang atau di ruas batang.