Rabu, 26 Juni 2019

Cara menanam Anggrek Media Tanam Sabut Kelapa Cepat Subur

Tags

Media tanam sabut kelapa bunga anggrek menjadi subur

media tanam bunga anggrek,anggrek dendrobium,anggrek bulan, pupuk bunga anggrek,cara perawatan,
Anggrek dendrobium
Media tanam merupakan salah satu unsur yang sangat penting untuk pertumbuhan bunga anggrek, sehingga bunga anggrek akan lebih subur dan mempermudah untuk perawatannya.


Untuk sebatas hoby atau senang merawat  bunga anggrek, maka yang sangat di perhatihan adalah pemilihan media tanam, dengan media tanam yang tepat akan membantu mengurangi tenaga dalam perawatan bunga anggrek. Salah satu contoh adalah dengan menggunakan media tanam sabut kelapa.

Cara membuat media Tanam dengan sabut kelapa

1.     Pilih sabut kelapa yang telah kering

2.     Pukul sabut kelapa
Pukul sabut kelapa hingga kulit menjadi pecah – pecah, hal ini akan mempermudah dalam pembentukan pembuatan media tanam

3.     Bentuk sabut kelapa
Setelah kulit pecah – pecah maka akan mudah untuk membentuk sabut kelapa selera kita, bisa di potong kecil – kecil atau potong menjadi beberapa bagian , sesuaikan dengan tempat media tanam sehingga akan tampak lebih menarik dan rapi.

4.     Balut batang anggrek dengan sabut kelapa
Pembalutan batang anggrek agar batang tetap lembab sehingga akan mempercepat tumbuhnya tunas muda atau keiki.

5.     Letakan pada tempat media tanam
Tempat media tanam bisa berupa pot , tempat media tanam bisa dari pot plastik atau pot dari tanah. Batang anggrek yang sudah di balut letakan dalam pot dan isi media tanam sabut kelapa yang telah di cacah.

6.     Tambahkan media tanam yang bersifat keras
Media tanam yang bersifat keras bisa berupa arang atau pecahan batu bata atau yang lain , ini berguna untuk memperkuat media tanam sehingga batang anggrek akan bisa berdiri kokoh.

Keuntungan sabut kelapa untuk budidaya anggrek adalah ;

1.     Mudah di dapat
Kulit kelapa banyak terdapat di pedagang kelapa ,

2.     Harga yang murah
3.     Menyimpan kelembaban
Sabut kelapa akan mampu menyimpan air sampai beberapa hari, sehingga media tanam dengan sabut kelapa akan menyimpan kelembaban bisa bertahan lama.

4.     Akar bisa menembus ke sabut kelapa
Karena sabut kelapa berlapis lapis maka akar bisa menembus ke dalam sabut kelapa , ini sangat menguntungkan karena pupuk yang di siram tidak cepat menegering atau menguap

5.     Menghemat perawatan
Karena sebatas hobi tidak bisa merawat bunga anggrek setiap hari karena kesibukan, sabut kelapa sangat menguntungkan untuk di jadikan media tanam pada bunga anggrek karena bisa menyimpan kelembaban sampai beberapa hari, sehingga penyiraman terhadap bunga anggrek tidak perlu di lakukan setiap hari.
Dengan menggunakan media tanam sabut kelapa juga  bunga anggrek bisa menjadi subur dan akan berbunga yang indah serta kuntum bunga yang besar.