Minggu, 26 Maret 2017

Sistem,Cara Penyediaan Air Bersih Pedesaan Sederhana

Tags

Sistem Penyediaan Air Bersih Pedesaan Sederhana
 
Sistem,Cara ,Penyediaan Air Bersih ,Pedesaan ,Sederhana,hidram,ejlek,pompa air ,zet pump,pompa air zhimizu,panasonik,teknologi tepat guna,harga,air bersih,
Cara Penyediaan Air Bersih Pedesaan Sederhana
Air yang merupakan kebutukan dasar untuk kehidupan manusia, karena air berfungsi sebagai sumber asupan mineral,untuk  mengatur suhu tubuh, pembentukan cairan darah, serta pembentuk sel, dan melancarkan pencernaan.
Air bersih merupakan air yang biasa diambil dari mata air, sumur , sungai ( dengan pengolahan). Namun kenyataan masih banyak kelangkaan air bersih yang terjadi di sejumlah di daerah pedesaan. Ada sejumlah faktor yang menyebabkan  sejumlah desa mengalami kelangkaan air, misal : sumber air yang letaknya jauh dari pemukiman penduduk, air yang tidak bening/keruh dan terasa asam dikarenakan wilayahnya berupa rawa, atau juga bisa dikarenakan faktor geografi dimana sumber air berada lebih rendah dari pemukiman penduduk  sehingga air tidak bisa dialirkan secara gravitasi, yang memerlukan tenaga bantuan guna menaikan air bersih kepemukiman.





Untuk penyediaan air bersih di daerah pedesaan, bisa dilakukan dengan membuat program penyediaan air bersih secara partisipatif,  dengan mengandalkan pembiayaan swadaya dari warga pengguna air bersih. Sistem penyediaan air bersih yang akan di bangun pada wilayah pedesaan lebih dikonsentrasikan pada sistem kelompok ,serta menggunakan teknologi tepat guna yang yang mempunyai biaya rendah dalam operasi dan pemeliharaannya.
Cara Menaikan air bersih dari daerah rendah, menuju lokasi pemukiman warga, yang mempunyai selisih ketinggian yang tajam, serta jarak yang jauh merupakan suatu kendala atau hambatan, untuk mendapatkan air bersih, serta memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dari harga pompa serta biaya operasional dan perawatan  memerlukan biaya yang relatif tidak murah.
Sistem,Cara ,Penyediaan Air Bersih ,Pedesaan ,Sederhana,hidram,ejlek,pompa air ,zet pump,pompa air zhimizu,panasonik,teknologi tepat guna,harga,air bersih,
Cara Penyediaan Air Bersih Pedesaan Sederhana

Kelompok Pengguna Air Bersih Pedesaan Mata Air Jumbleng ( ARJU ) yang juga mengambil air bersih dari  daerah yang rendah menuju ke daerah yang tinggi. Selisih tinggi Mata air jumbleng ke pemukiman warga pengguna  adalah 25 Meter serta dengan jarak 350 Meter. Dulu ARJU untuk menaikan air bersih dari mata air jumbleng ke jarak 350 M dan tinggi 25 M, menggunakan pompa air submersibel .
Pompa air submersibel merupakan pompa air yang di letakan di dalam air serta mempunyai daya dorong untuk menghantarkan air yang sangat bagus serta menghasilkan debit air yang besar. Tetapi harga pompa submersibel yang bagus tidak terjangkau oleh masyarakat. Kelompok air bersih ARJU sudah dua kali membeli pompa air submersibel yang semua sudah rusak semua.






Dan untuk mendapatkan air bersih kembali kelompok air bersih ARJU menggunakan cara dengan mengguankan 2 pompa air zet pump. Pompa air zet pump yang pertama untuk menarik air ,dari mata air jumbleng ke bak tandon pertama yang mempunyai beda tinggi 10 Meter serta jauh 200 Meter. Dengan debit 5liter /10 detik. Dan pompa zet pump yang kedua menaikan air dari bak tandon air  yang pertama ke bak tandon utama ( pembagi ). Dengan debit 5 liter / 12 detik, dengan beda tinggi 15 meter dan jauh 150 meter. Serta menghabiskan dana untuk bayar listrik rata2 Rp.410.000/bulan. Dan Pendapatan iuran air bersih rata2 tiap bulan Rp.750.000/bulan, terlihat masih ada saldo rata2 Rp.300.000/bulan. Dan sekarang kelompok pengguna air bersih mata air jumbleng menambah pompa air tanpa BBM dan Listrik atau lebih terkenal dengan nama pompa air HIDRAM atau pompa EJLEK. Pompa hidram ini dipasang di mata air jumbleng yang mempunyai kemiringan kurang dari 1 meter , akan tetapi dapat menghasilkan debit dari mata air ke tandon yang pertama sebesar 2,5 liter/10 detik, dengan beda tinggi dengan bak penampungan yang pertama sekitar 15 meter dan jauh sekitar 200 meter.
Lokasi kelompok pengguna air bersih mata air jumbleng ( ARJU ) berada di desa KALIURIP  KECAMATAN BENER KABUPATEN PURWOREJO JATENG
UNTUK INFORMASI TENTANG PENGELOLAAN KELOMPOK AIR BERSIH PEDESAAN ARJU BISA HUBUNGI MELALUI , WA,SMS,CALL; HP. 081 328 347 021.