Senin, 29 Mei 2017

Getah Pepaya Pelunak Daging Paling Aman,Obat Herbal

Tags


Pepaya ( carica pepaya ) adalah tumbuhan multifungsi, yang  hampir semua bagian  tanaman dapat digunakan.
Daun pepaya  dapat dimasak sebagai sayur atau lalapan juga dapat di gunakan sebagai obat. biji buah papaya dimanfaatkan sebagai obat cacing,
Disamping kelezatan buah pepaya , ternyata pohon papaya juga menyimpan sesuatu yang memiliki nilai guna dan ekonomis tinggi. Batang, daun, dan buah pepaya mengandung getah putih , yang mengandung enzim pemecah protein atau proteolitik yang dikenal dengan naman PAPAIN. Enzim ini banyak digunakan dalam berbagai kegiatan industri, seperti industri farmasi sebagai bahan obat, kosmetik, tekstil, penyamakan kulit dan lainnya. Apabila dibandingkan antara getah batang, daun, dan buah, getah yang berasal dari buah merupakan yang paling berkualitas.
Getah, Pepaya, Pelunak, Daging, Paling, Aman,Obat Herbal,enzim papain,cara,memasak,
Getah pepaya( Enzim papain )

Kandungan Getah pepaya
Kandungan utama getah papaya adalah enzim  protease (pengurai protein yaitu papain dan kimopapain). Kadar papain dan kimopapain dalam pepaya muda berturut-turut 10% dan 45 %. Di dalam getah papaya terdapat lebih dari 50 asam amino, antara lain histidin, lysin, arginin, tritophan, asam aspartat, treoninprolin, glisin, alanin, valine, isoleusin, leusin, tirosin, fenilalanin, dan sistein, serin, asam glutamat. Zat-zat tersebut berguna dalam bahan baku industri kosmetik untuk menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal.
Manfaat Getah Pepaya ( papain )
  1. Papain berfungsi sebagai pelunak daging.
  2. Sebagai bahan aktif dalam preparat farmasi seperti obat gangguan pencernaan, dispesia, dan obat cacing.
  3. Bahan penggumpal susu pada pembuatan keju.
  4. Bahan pelarut glatin, dan bahan pencuci lensa
  5. Dalam rangka pembedahan papain bisa digunakan sebagai obat pengendali oedema dan imflamasi.
  6. Papain digunakan sebagai bahan pembuat pasta gigi, sebab bisa membersihkan sisa makanan apa saja yang melekat di gigi.
  7. Bahan perenyah pada pembuatan kue kering seperti cracker.
  8. Sedangkan untuk kosmetika, yang banyak digunakan saat ini adalah bahan aktif untuk krim, pembersih kulit muka, mengatasi pecah-pecah pada tumit kaki, menghaluskan kulit, menguatkan jaringan agar lebih kenyal. Sebab, papain bisa melarutkan sel-sel mati yang melekat pada kulit dan sukar terlepas secara fisik. Noda dan flek di wajah bisa dikikis oleh papain hingga menjadi mulus dan bersih.
  9. Berkhasiat sebagai antitumor dan kanker. Ini karena lebih dari 50 asam amino terkandung di dalamnya.





Keunggulan
penggunaan enzim papain ,  tidak bersifat toksik, tak ada efek samping, tidak  mengubah warna,
Pembuatan Tepung Getah Pepaya
Pembuatan tepung getah pepaya secara sederhana bisa di lakukan sebagai berikut :
  1. Papain dapat diperoleh melalui penyadapan getah buah pepaya yang muda minimal berumur 3 bulan. Pengambilan getah dapat dilakukan beberapa kali selama buah masih muda dan mengandung banyak getah.
  2. Kemudian getah dijemur untuk dikeringkan pada suhu 60 – 70 C selama 12 jam. Selama penjemuran kebersihan getah dan lingkungan harus betul-betul mendapat pengawasan yang baik.
  3. Setelah kering, kemudian ditumbuk dan disaring hingga didapat tepung halus, sehalus tepung beras atau tepung terigu.
  4. Demikian Artikel singkat ini, dapat bermanfaat.