Selasa, 19 Juni 2018

4 Jenis Penyakit Kulit, Gejala, Cara Mengobati

Jenis Penyakit Kulit, Gejala, Cara Mengobati
  
penyakit kulit dan obatnya, kudis,panu,kurap,jerawat, Psoriasis,kusta, perawatan kudis,penyebab,gejala,cara mengobati, alodokter adalah, kudis keropeng, penyakit kulit lepra, alodokter kesehatan, situs alodokter,
Penyakit Kulit Psoriasis
Penyakit kulit merupakan  salah satu masalah kesehatan yang paling umum di derita oleh masyarakat. Berbagai  jenis penyakit kulit masih sering menjadi keluhan masyarakat di Indonesia.

 Faktor penyebab pemicu penyakit kulit, di antaranya :
1.Suhu udara,
2.kebersihan lingkungan
3.kebersihan diri.

Jenis Penyakit Kulit yang banyak dikeluhkan antara lain :
Beberapa jenis penyakit kulit yang banyak ditemukan di Indonesia, di antaranya:

1.Panu
Panu atau yang dikenal dengan sebutan tinea versicolor atau pityriasis versicolor, adalah infeksi jamur yang ditandai dengan munculnya bercak berwarna lebih terang atau lebih gelap dari warna asli kulit.

Panu dapat muncul saat jamur Malassezia, yaitu salah satu jenis jamur yang normalnya terdapat di permukaan kulit, berkembang secara berlebih.

Penyebab Jamur :
1.Cuaca yang panas atau lembap,
2.keringat berlebih,
3.kondisi kulit berminyak,
4.Perubahan hormonal, ataupun sistem imunitas tubuh yang lemah.

2.Kudis
Kudis atau scabies adalah penyakit kulit yang mudah menular. Penyakit kudis dapat terjadi jika tungau kecil menggigit, dan akan masuk ke dalam lapisan kulit luar, sehingga akan menyebabkan munculnya rasa gatal dan ruam. Maka area kulit yang mengalami ruam terasa sangat gatal luar biasa, muncul benjolan kecil berwarna merah, dan terlihat lecet di area tersebut, maka bisa jadi terkena penyakit kudis.

Untuk mengatasi penyakit kudis, dokter  akan memberikan salep atau krim yang mampu membunuh tungau penyebab kudis. Yang akan  dioleskan ke seluruh permukaan kulit  untuk menghindari perpindahan tungau ke bagian tubuh lain.

3.Kadas atau kurap
Kurap adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh jamur dan dapat terjadi pada berbagai area tubuh, mulai dari kaki, lengan, hingga kuku.

Gejala kurap adalah
Akan Muncul ruam kemerahan ,yang berbentuk melingkar, seperti cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini dapat menimbulkan rasa gatal. Pada infeksi kurap yang parah, ruam kurap dapat melebar, melepuh dan membentuk luka nanah.
Cara Penularan adalah :
1.Kontak langsung dengan penderita kurap bisa menyebabkan  tertular penyakit kurap.
2. Lingkungan yang lembab,
3.Keringat berlebih,
4. Penggunaan pakaian yang terlalu ketat,
5.Sistem kekebalan tubuh yang lemah,
6.Memakai bersama handuk atau pakaian dengan orang lain juga bisa memicu terkena kurap.

Memelihara kesehatan kulit dengan baik dapat menjadi langkah untuk menghindari penyakit kulit. Selain itu, menjaga kebersihan diri dan lingkungan, serta menanamkan pola hidup sehat juga perlu dilakukan. Bila mengalami keluhan seperti di atas, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter kulit guna mendapatkan penanganan yang tepat.

Referensi bacaan :
Alodokter/ jamur kulit