Rabu, 13 Juni 2018

Tips Mengatasi Sembelit


Tips Mengatasi Sembelit Saat Puasa



Sembelit adalah  salah satu gangguan kesehatan yang di alami pada waktu orang yang berpuasa. Adanya Perubahan pola makan menjadi salah satu penyebab terjadinya sembelit. Akan tetapi banyak  orang yang sering mengabaikan gangguan sembelit . Padahal, kondisi gangguan seperti itu akan menimbulkan rasa tidak nyaman di perut.
 
obat sembelit,penyebab sembelit,sembelit adalah,jagat raya,cara mengatasi sembelit,tips mencegah sembelit, tips mengatasi sembelit, makanan penyebab sembelit, gejala sembelit kronis, ciri ciri gejala sembelit, sembelit merupakan, sembelit saat hamil, sembelit lama, sembelit pada anak, constipation drugs, constipation cause, constipation is, universe, how to overcome constipation, tips to prevent constipation, tips to overcome constipation, food causes constipation, symptoms of chronic constipation, characteristic of constipation symptoms, constipation is, constipation during pregnancy, old constipation, constipation in children,
Cara Mengatasi sembelit
Terjadinya Sembelit  karena feses atau tinja mengeras akibat kurangnya cairan atau serat di dalam tubuh. Jika sudah terjadi sembelit , maka seseorang, biasanya memaksakan diri mengejan untuk mengeluarkan kotoran. Dengan cara mengejan  justru akan  bisa menimbulkan iritasi pada anus hingga wasir.


Tips mengatasi sembelit saat berpuasa
1.Konsumsi makanan berserat
Mengonsumsi makanan berserat selama berpuasa saat berbuka dan sahur Perbanyak mengkonsumsi kacang-kacangan, buah, dan sayuran, hal ini akan yang membantu tubuh membentuk feses lebih lunak.
Hindari makanan berprotein dan lemak tinggi seperti keju, daging, dan makanan olahan.

2.Penuhi kebutuhan cairan
Penuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal delapan gelas per hari. Air berperan penting dalam pembentukan feses. Seseorang yang kekurangan cairan biasanya bakal mengalami sembelit dan mudah lemas.

3.Olahraga
Puasa bukan alasan untuk tidak berolahraga. Dengan  bergerak aktif meski hanya melakukan olahraga ringan, seperti bersepeda atau joging. Selain melancarkan buang air besar , olahraga juga membantu menjaga kebugaran tubuh.


4.Hubungi Dokter
Apabila Anda sudah melakukan semua hal di atas, namun masih mengalami sembelit, sebaiknya Konsultasikan dengan dokter .

Demikian informasi singkat ini semoga bisa bermanfaat .




Referensi bacaan  :

krjogja.com Sembelit_Saat_Puasa_Ini_Solusinya
doktersehat.com /penyebab-sembelit-saat-puasa