Selasa, 12 Juni 2018

Melihat Proses Terjadinya Stalaktit Dan Stalakmit Berada Di Gua Seplawan Kaligesing Purworejo

Tags


Goa Seplawan kaligesing Purworejo


Keindahan Panorama Bawah Tanah di Pegunungan Menoreh
Wisata alam Goa Seplawan, Keindahan Panorama Bawah Tanah di Pegunungan Menoreh, merupakan sebuah gua yang mempunyai sejarah serta menyimpan keindahan alam yang pantas untuk di kunjungi.
 
rute goa seplawan, sejarah goa seplawan, goa seplawan purworejo jateng, goa seplawan kaligesing, asal-usul goa seplawan, harga tiket masuk goa seplawan, misteri goa seplawan, gardu pandang goa seplawan, goa seplawan pesona alam yang mengagumkan, route cave seplawan, history cave seplawan, cave seplawan purworejo jateng, cave seplawan kaligesing,
Gua Seplawan Kaligesing Purworejo
Memasuki kawasan wisata Goa Seplawan, akan di sambut dengan hawa sejuk yang sangat terasa serta terkadang akan melihat kabut tipis menyelimuti kawasan ini.



Lokasi goa seplawan berada tak jauh dari area parkir, pengunjung cukup berjalan beberapa meter saja. Sebelum memasuki goa seplawan, pengunjung akan disuguhi patung besar replika arca emas Dewa Siwa dan Dewi Parwati.

Dulu, Sekitar tahun 1979 bersamaan ditemukannya goa Seplawan ditemukan pula patung emas, dan berdasarkan identifikasi ahli sejarah  merupakan patung Dewa Siwa dan Parwati.
Saat ini patung tersebut disimpan di museum Nasional Jakarta dan sebagai tanda ditemukan benda bersejarah maka dibuat patung replika. Dengan ditemukannya patung tersebut menandakan bahwa goa seplawan mempunyai nilai sejarah yang tinggi.

Goa seplawan berada di kawasan Pegunungan Menoreh, yang di dalam gua mempunyai sungai yang  mengalir di sepanjang  gua. Goa Seplawan mempunyai panjang sekitar 750 meter, dan  berada di Desa Donorejo, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.



Untuk menuju ke goa seplawan akan melewati jalanan desa yang berkelok dan menanjak. karena goa ini berada di ketinggian sekitar 800 meter diatas permukaan laut.
Dari pusat kota Purworejo,  menuju gua splawan sekitar 20 kilometer ke arah timur.
Untuk masuk ke Goa akan melewati  jalur bertangga dan sudah terdapat  penerangan di sepanjang  gua.
Para pengunjung akan  menikmati keaslian alam gua. Saat masuk ke dalam gua akan melihat  keindahan stalaktit dan stalakmit, dan pengunjung akan melihat proses terjadinya stalaktit dan stalakmit  yang masih aktif.

Goa seplawan memiliki jalur buntu, karena tidak ada jalan tembus .
Jadi untuk keluar goa harus jalan balik dan keluar melalui pintu masuk.
Goa ini memiliki cabang-cabang yang banyak, dan cabang-cabang tersebut tidak disediakan lampu penerangan karena beberapa jalur tersebut berupa goa vertikal dan ada juga yang berlumpur sehingga sering disebut istana lumpur. Untuk memasuki cabang goa tersebut harus membawa alat penerangan sendiri dan harus dengan pemandu.

Pemandangan Alam Yang Mempesona di kawasan gua seplawan
Selain keindahan goa alam , pemandangan alam di kawasan juga sangat indah. Pengunjung  bisa melihat kota Jogja dari gardu pandang goa seplawan. Dari gardu Pandang bisa juga melihat waduk Sermo yang terletak di Kulonprogo. Bahkan jika naik kepuncak sisi kanan dari gardu Pandang, jika cuaca cerah  bisa menyaksikan 5 gunung sekaligus yaitu Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Slamet, gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.



Jam Buka Dan Harga Tiket Masuk

Pengunjung bisa datang kapan saja di goa ini. Untuk jam buka goa seplawan sendiri mulai dari jam 8 pagi hingga pukul 17 sore.
Goa seplawan biasanya ramai dikunjungi di hari sabtu atau minggu ataupun hari llibur atau musim liburan. Untuk tarif tiket masuk Goa Seplawan sangat murah yaitu sekitar Rp.3.000 rupiah dan tarif parkir Rp. 2000 . Sangat murah bukan?
Fasilitas goa seplawan sudah cukup lengkap mulai dari area parkir, kamar mandi dan WC, Mushola dan tersedia warung-warung .
Referensi bacaan di kutip dari :


travel.kompas.com goa.seplawan.peninggalan