Rabu, 28 Maret 2018

4111 SOP IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT / SASARAN










IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT / SASARAN 


SPO
No Dokumen
:

No. Revisi
:

Tgl. Terbit
:

Halaman
:  1/2




Pengertian
Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat / sasaran adalah pengumpulan informasi dalam rangka untuk mengetahui  kebutuhan dan harapan yang dibutuhkan masyarakat atau sasaran melalui media bantu yang ada di puskesmas maupun informasi langsung dari pelanggan yang berkaitan dengan program yang ada di puskesmas.

Tujuan
Sebagai acuan penanggungjawab upaya dalam melaksanakan pengumpulan informasi kebutuhan dan harapan masyarakat / sasaran terhadap upaya kesehatan masyarakat di puskesmas .

Kebijakan
Keputusan Kepala Puskesmas ..........No :………………   tentang  Mekanisme Komunikasi dan Koordinasi Program.

Referensi
1. Arrimes Manajemen Puskesmas Berbais Paradigma Sehat  tahun 2005
2.    Pedoman Perencanaan Tingkat Puskesmas, Dirjen Bina Kesehatan Masyarakat Depkes RI 2006

Langkah-langkah
1.  Petugas menerima masukan kebutuhan dan harapan masyarakat melalui ; masukan secara lisan, kuesioner  kotak saran, pertemuan kader dan pertemuan lainnya
2.  Petugas mencatat masukan kebutuhan dan harapan masyarakat
3. Petugas mengidentifikasi, merekap dan menganalisa masukan kebutuhan dan harapan masyarakat berdasar program UKM.
4. Petugas melaporkan hasil masukan kebutuhan dan harapan masyarakat ke Kepala Puskesmas untuk ditindaklanjuti sebagai masukan untuk penyusunan kegiatan
5.    Petugas mensosialisasikan  kegiatan UKM kepada lintas program dan lintas sektor terkait
6.  Petugas menyusun rencana kegiatan untuk tiap UKM Puskesmas
7.    Kepala Puskesmas menetapkan rencana kegiatan UKM









  
Unit Terkait
1.     Lintas Sektor
2.     Penanggungjawab UKM
3.     Kader
4.     Masyarakat
5.     Tokoh Masyarakat


Rekaman Historis Perubahan
No
Dokumen yang dirubah
Isi Perubahan
Tgl.mulai diberlakukan

































IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT/SASARAN 






DAFTAR TILIK
No Dokumen
:


No. Revisi
:


Tgl. Terbit
:


Halaman
: 1/1





Langkah Kegiatan
Ya
Tidak
Tidak Berlaku
1. Apakah Petugas menerima masukan kebutuhan dan harapan masyarakat melalui ; masukan secara lisan, kuesioner  kotak saran, pertemuan kader dan pertemuan lainnya.



2.   Apakah Petugas menulis masukan kebutuhan dan harapan masyarakat dibuku rekapan kebutuhan dan harapan masyarakat.



3.   Apakah Petugas mengidentifikasi, mencatat , merekap dan menganalisa masukan kebutuhan dan harapan masyarakat berdasar program UKM.



4.    Apakah Petugas melaporkan hasil masukan kebutuhan dan harapan masyarakat ke Kepala Puskesmas untuk ditindaklanjuti sebagai masukan untuk penyusunan kegiatan.




5.    Apakah Petugas mensosialisasikan  kegiatan UKM kepada lintas program dan lintas sektor terkait.



6.    Apakah Petugas menyusun rencana kegiatan untuk tiap UKM Puskesmas.



7. Apakah Kepala Puskesmas menetapkan rencana kegiatan UKM.







........……,………….………
Observer Tindakan


…………………..
NIP…………………..