KERANGKA ACUAN
MEMPEROLEH UMPAN BALIK
PELAKSANAAN KEGIATAN
1. Pendahuluan :
|
Untuk meningkatkan mutu pelayanan dan pelaksanaan upaya / program
perlu dilakukan program yang berkesinambungan, sistematis, obyektif dan terpadu dalam
menentukan masalah dan penyebab masalah pelayanan berdasarkan standar yang
ditetapkan serta penetapan penyelesaian masalah tersebut. Pelaksanaan
pengembangan upaya/program disesuaikan dengan kemampuan puskesmas. Permasalahan ataupun inovasi serta saran dari masyarakat dalam pelaksanaan program
Puskesmas dapat berguna untuk evaluasi keberhasilan program maupun
pengembangan program Puskesmas sesuai perubahan kebutuhan dan harapan mayarakat/sasaran.
|
2. Latar Belakang :
|
Untuk meningkatkan
pelayanan kepada masyarakat dan sasaran kegiatan diperlukan umpan balik dari
masyarakat dan sasaran kegiatan untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan
kegiatan UKM Puskesmas. Umpan balik dapat diperoleh melalui pembahasan atau
pertemuan konsultatif dengan tokoh masyarakat , kelompok masyarakat,atau
individu yang merupakan sasaran program.
|
||||||||
3. Tujuan :
|
Tujuan umum :
Mengetahui tanggapan masyarakat tentang mutu pelayanan kesehatan yang
diberikan.
Tujuan Khusus :
Mengidentifikasi tanggapan masyarakat dan menganalisis umpan balik masyarakat tentang
kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat.
|
||||||||
4. Kegiatan :
Pokok dan Rincian
Kegiatan
|
a.
Memperoleh umpan balik
pelaksanaan program. Petugas memberikan blanko umpan balik kepada masyarakat/
sasaran. Masyarakat/sasaran juga dapat menyampaikan langsung kepada pelaksana
program ataupun melalui kotak saran
b. Memberikan tanggapan atas umpan balik yang
diberikan masyarakat /sasaran . Tanggapan bisa dilaksanakan secara langung
pada masyarakat /sasaran ataupun disampaikan pada pertemuan –lintas sektor
selanjutnya.
|
||||||||
5. Cara : melaksanakan Kegiatan
|
a.
Petugas memberikan blanko umpan balik kepada
masyarakat/ sasaran untuk diisi
b.
Umpan balik juga diperoleh secara langsung
maupun melalui kotak saran
c.
Merekap
dan menganalisa umpan balik masyarakat / sasaran
d.
Menyusun rencana tindak lanjut perbaikan
e.
Menginformasikan rencana tindak lanjut umpan
balik pada masyarakatmelaui papan
pengumumam, langsung kepada masyarakat/ sasaran ataupun maupun lewat pertemuan lintas sektor
f.
Melaksanakan upaya dan perbaikan upaya
sesuai perubahan harapan dan kebutuhan masyarakat
|
||||||||
6. Sasaran :
|
Masyarakat / sasaran program desa di wilayah Puskesmas .....
|
||||||||
7. Jadwal :
|
Setiap tiga bulan
|
||||||||
8. Pembiayaan :
|
Integrasi
|
||||||||
9. Evaluasi : Pelaksanaan Kegiatan dan pelaporan
|
Evaluasi kegiatan umpan balik pelaksanaan program dilakukan
oleh pelaksana program terhadap jadwal yang sudah direncanakan setiap tiga
bulan untuk mengetahui kekurangan yang ada sehingga dengan segera dapat
dilakukan perbaikan. Hasil Evaluasi disampaikan kepada pennaggungjawab UKM.
|
||||||||
10.
Pencatatan :
Pelaporan
dan Evaluasi Kegiatan
|
Dokumentasi hasill umpan balik dan analisis umpan balik masyarakat meliputi rekapan umpan balik dan
analisanya. Pelaporan dilakukan oleh penanggungjawab UKM kepada kepala
Puskesmas setiap tiga bulan sekali.
Bentuk Laporan Umpan Balik :
|
||||||||