Kamis, 29 Maret 2018

4121 KERANGKA ACUAN MEMPEROLEH UMPAN BALIK PELAKSANAAN KEGIATAN




KERANGKA ACUAN
MEMPEROLEH UMPAN BALIK PELAKSANAAN KEGIATAN




1. Pendahuluan   :
Untuk meningkatkan mutu pelayanan dan pelaksanaan upaya / program perlu dilakukan program yang berkesinambungan, sistematis, obyektif dan terpadu dalam menentukan masalah dan penyebab masalah pelayanan berdasarkan standar yang ditetapkan serta penetapan penyelesaian masalah tersebut. Pelaksanaan pengembangan upaya/program disesuaikan dengan kemampuan puskesmas. Permasalahan ataupun inovasi serta saran dari masyarakat dalam pelaksanaan program Puskesmas dapat berguna untuk evaluasi keberhasilan program maupun pengembangan program Puskesmas sesuai perubahan kebutuhan dan harapan mayarakat/sasaran.




  2. Latar Belakang :
Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sasaran kegiatan diperlukan umpan balik dari masyarakat dan sasaran kegiatan untuk melakukan penyesuaian  dan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan kegiatan UKM Puskesmas. Umpan balik dapat diperoleh melalui pembahasan atau pertemuan konsultatif dengan tokoh masyarakat , kelompok masyarakat,atau individu yang merupakan sasaran program.


3. Tujuan              :
Tujuan umum :
Mengetahui tanggapan masyarakat tentang mutu pelayanan kesehatan yang diberikan.
Tujuan Khusus :
Mengidentifikasi tanggapan masyarakat dan menganalisis umpan balik masyarakat tentang kegiatan yang dilaksanakan di masyarakat.

4. Kegiatan           :
Pokok dan Rincian
Kegiatan

a.   Memperoleh umpan balik pelaksanaan program. Petugas memberikan blanko umpan balik kepada masyarakat/ sasaran. Masyarakat/sasaran juga dapat menyampaikan langsung kepada pelaksana program ataupun melalui kotak saran
b.   Memberikan tanggapan atas umpan balik yang diberikan masyarakat /sasaran . Tanggapan bisa dilaksanakan secara langung pada masyarakat /sasaran ataupun disampaikan pada pertemuan –lintas sektor selanjutnya.

5. Cara                  :              melaksanakan Kegiatan
a.   Petugas memberikan blanko umpan balik kepada masyarakat/ sasaran  untuk diisi
b.   Umpan balik juga diperoleh secara langsung maupun melalui kotak saran
c.    Merekap  dan menganalisa umpan balik masyarakat / sasaran
d.   Menyusun rencana tindak lanjut perbaikan
e.    Menginformasikan rencana tindak lanjut umpan balik pada masyarakatmelaui  papan pengumumam, langsung kepada masyarakat/ sasaran ataupun  maupun lewat pertemuan lintas sektor
f.     Melaksanakan upaya dan perbaikan upaya sesuai perubahan harapan dan kebutuhan masyarakat

6. Sasaran           :
Masyarakat / sasaran program desa di wilayah Puskesmas .....

7. Jadwal             :        
Setiap tiga bulan

8. Pembiayaan    :
Integrasi

9. Evaluasi           :    Pelaksanaan Kegiatan   dan pelaporan
    
Evaluasi kegiatan  umpan balik pelaksanaan program dilakukan oleh pelaksana program terhadap jadwal yang sudah direncanakan setiap tiga bulan untuk mengetahui kekurangan yang ada sehingga dengan segera dapat dilakukan perbaikan. Hasil Evaluasi disampaikan kepada pennaggungjawab UKM.




10.        Pencatatan     :
Pelaporan
dan Evaluasi Kegiatan
Dokumentasi hasill umpan balik  dan analisis umpan balik masyarakat  meliputi rekapan umpan balik dan analisanya. Pelaporan dilakukan oleh penanggungjawab UKM kepada kepala Puskesmas setiap tiga bulan sekali.

Bentuk Laporan Umpan Balik :

NO
Isi Informasi Harapan /Masyarakat

Hasil Analisis
Tindak lanjut