Kamis, 24 Mei 2018

7437b SOP PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN PUSKESMAS


SOP PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN



PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN


SOP
No. Dokumen
:
No. Revisi
: 00
Tanggal Terbit
:
Halaman
: 1
UPT PUSKESMAS ..............




1.   Pengertian
Pendidikan atau Penyuluhan pasien adalah kegiatan untuk  menyampaikan informasi atau  pengetahuan secara luas kepada pasien guna menanamkan sikap dan perilaku sesuai dengan informasi yang diberikan

2.   Tujuan
Merubah dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan cara pandang pasien tentang kesehatan

3.      Kebijakan
SK Kepala Puskesmas No 188.4/ .../SK/../201 tentang Kebijakan Pelayanan Klinis UPT Puskesmas ..............

4.   Referensi
Metodologi Penyuluhan Kesehatan

5.   Alat dan Bahan
-       
6.   Prosedur/ Langkah – langkah
1.  Dokter/Perawat/Bidan menyapa pasien dengan bahasa yang mudah dipahami,
2.  Bila tersedia ABPK sesuai dengan materi yang akan diberikan, dokter/perawat/bidan  menggunakan ABPK dalam memberikan penyuluhan/ pendidikan kesehatan agar mudah dipahami oleh pasien,
3.  Dokter/perawat/bidan  unit pelayanan memberikan penyuluhan/ pendidikan kesehatan kepada pasien berdasarkan diagnosa penyakit/ keluhan/ hasil pemeriksaan sebelumnya,
4.  Dokter/perawat/bidan  memberikan kesempatan kepada pasien untuk bertanya,
5.  Bila ada pertanyaan, dokter/perawat/bidan  menjawab pertanyaan dari pasien,
6.  Dokter/perawat/bidan  menanyakan kepada pasien apakah sudah jelas dengan penyuluhan/ pendidikan kesehatan yang telah diberikan,
7.  Dokter/perawat/bidan  mendokumentasikan kegiatan dalam RM pasien.
7.   Unit terkait
Semua Unit Pelayanan

8.   Dokumen terkait
1.   ABPK
2.   RM Pasien







9.   Rekaman historis  perubahan
No
Yang dirubah
Isi Perubahan
Tgl.mulai diberlakukan