SOP PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN
PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN
|
||||
SOP
|
No. Dokumen
|
:
|
||
No. Revisi
|
: 00
|
|||
Tanggal Terbit
|
:
|
|||
Halaman
|
: 1
|
|||
UPT PUSKESMAS
..............
|
||||
1. Pengertian
|
Pendidikan atau
Penyuluhan pasien adalah kegiatan untuk menyampaikan informasi atau pengetahuan secara luas kepada pasien guna menanamkan sikap dan perilaku sesuai dengan informasi yang diberikan
|
|||
2. Tujuan
|
Merubah dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan cara
pandang pasien tentang kesehatan
|
|||
3. Kebijakan
|
SK Kepala Puskesmas No 188.4/ .../SK/../201 tentang Kebijakan
Pelayanan Klinis UPT Puskesmas ..............
|
|||
4. Referensi
|
Metodologi Penyuluhan Kesehatan
|
|||
5. Alat dan Bahan
|
-
|
|||
6.
Prosedur/
Langkah – langkah
|
1. Dokter/Perawat/Bidan menyapa pasien dengan bahasa yang mudah dipahami,
2. Bila tersedia ABPK sesuai dengan materi yang
akan diberikan, dokter/perawat/bidan menggunakan ABPK dalam memberikan penyuluhan/ pendidikan kesehatan agar
mudah dipahami oleh pasien,
3. Dokter/perawat/bidan unit pelayanan memberikan penyuluhan/ pendidikan kesehatan kepada
pasien berdasarkan diagnosa penyakit/ keluhan/ hasil pemeriksaan sebelumnya,
4. Dokter/perawat/bidan memberikan kesempatan kepada pasien untuk bertanya,
5. Bila ada pertanyaan, dokter/perawat/bidan menjawab
pertanyaan dari pasien,
6. Dokter/perawat/bidan menanyakan kepada pasien apakah sudah jelas dengan penyuluhan/
pendidikan kesehatan yang telah diberikan,
7.
Dokter/perawat/bidan
mendokumentasikan kegiatan dalam RM
pasien.
|
|||
7. Unit terkait
|
Semua Unit Pelayanan
|
|||
8. Dokumen terkait
|
1.
ABPK
2.
RM Pasien
|
9. Rekaman historis
perubahan
No
|
Yang dirubah
|
Isi Perubahan
|
Tgl.mulai diberlakukan
|