Kamis, 24 Mei 2018

7437a SOP PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN/KELUARGA/MASYARAKAT PUSKESMAS

SOP PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN/KELUARGA/MASYARAKAT





PENDIDIKAN/ PENYULUHAN PASIEN/KELUARGA/MASYARAKAT


SOP
No. Dokumen
:
No. Revisi
: 00
Tanggal Terbit
:
Halaman
: 1
UPT PUSKESMAS ..............




1.   Pengertian
Pendidikan atau Penyuluhan pasien adalah : Kegiatan untuk  menyampaikan informasi atau  pengetahuan secara luas kepada pasien guna menanamkan sikap dan perilaku sesuai dengan informasi yang diberikan
2.   Tujuan
Merubah dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan cara pandang pasien tentang kesehatan
3.      Kebijakan
SK Kepala Puskesmas No 188.4/. / I /SK/.. /201 tentang Kebijakan Pelayanan Klinis UPT Puskesmas ..............

4.   Referensi
Buku Pedoman Kerja Puskesmas  Jilid IV tahun 1990
5.   Alat dan Bahan
-       
6.   Prosedur/ Langkah – langkah
1.  Dokter/perawat /bidan membuat satuan acara penyuluhan,
2.  Dokter/perawat /bidan mempersiapkan sarana dan prasarana,
3.  Dokter/perawat /bidan memberikan salam dan perkenalan,
4.  Dokter/perawat /bidan menyampaikan maksud dan tujuan penyuluhan,
5.  Dokter/perawat /bidan mengidentifikasi tingkat pengetahuan pasien terhadap materi penyuluhan,
6.  Dokter/perawat /bidan menyampaikan materi penyuluhan sesuai kebutuhan pasien,
7.  Dokter/perawat /bidan memberikan kesempatan kepada pasien untuk menanyakan materi yang kurang dipahami,
8.  Dokter/perawat /bidan mengadakan evaluasi terhadap materi yang diberikan,
9.  Dokter/perawat /bidan mendokumentasikan hasil kegiatan penyuluhan,
10.        Dokter/perawat /bidan membereskan sarana dan prasarana,

7.   Unit terkait
Semua Unit Pelayanan

8.   Dokumen terkait
1.   Satuan Acara Penyuluhan
2.   Dokumentasi kegiatan






9.   Rekaman historis  perubahan
No
Yang dirubah
Isi Perubahan
Tgl.mulai diberlakukan