Senin, 05 Februari 2018

Panduan Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut



A.    Definisi

Pelayanan kesehatan Usia Lanjut merupakan kegiatan dalam rangka mengusahakan masa tua yang berbahagia dan berguna, sehingga para usia lanjut tidak menjadi beban bagi masyarakat yang mencakup upaya preventif, promotif, kuratif dan rehabilitatif. 
Dalam penanganan masalah usia lanjut, perlu dilakukan pendekatan yang tepat, team work (koordinasi) dan keterpaduan (diagnosa dan pengobatan).

B.    Ruang Lingkup

Pelayanan Kesehatan Usia Lanjut dibagi dalam dua macam kegiatan, yaitu :
1.   Kegiatan di dalam gedung Puskesmas

2.   Kegiatan di luar gedung Puskesmas
  

C.    Tata Laksana
1.   Kegiatan di Dalam Gedung
1) Pelayanan kesehatan usia lanjut secara holistik, meliputi:
a)    Kesehatan umum
1)   Kesehatan jiwa
2)   Gizi pada usia lanjut
3)   Kesehatan indera (mata dan telinga)
4)   Keperawatankesehatan dasar
2)   Penyuluhankesehatan masyarakat berusia lanjut

2.   Kegiatan di Luar Gedung
a.    Persiapan :
-       Penjadwalan kegiatan
-       Penjadwalan kegiatan penyuluhan
b.   Pelaksanaan :
1.   Pemeriksaan dan pembinaan kesehatan oleh Puskesmas melalui Posyandu lansia
2.   Olah raga/kesegaran jasmani bagi lansia
3.   Keperawatan kesehatan dasar (bantuan, bimbingan, penyuluhan dan  pengawasan)
4.   Penyuluhan yang berkaitan dengan masalah kesehatan usia lanjut,misalnya penyakit jiwa, jantung, syaraf, mata, telinga dll
D.       Dokumentasi
1.   Kegiatan di Dalam Gedung :
Setelah selesai pelayanan, data – data pasien :
-       ditulis dalam Buku Register
-       di-input dalam sikesda Puskesmas melalui computer
2.   Kegiatan di Luar Gedung :
a.    Buku Tugas Luar
b.   Penyuluhan kader :
-       Undangan
-       Materi Penyuluhan
-       Daftar Hadir
-       Notulen Penyuluhan