Sabtu, 30 Desember 2017

4112 KAK Analisis Kebutuhan Dan Harapan Masyarakat Terhadap Program UKM




4112 KERANGKA ACUAN,METODE,INSTRUMEN
ANALISIS KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT/SASARAN TERHADAP PROGRAM UKM

I.        PENDAHULUAN
Puskesmas merupakan Pusat Kesehatan Masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat di samping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Puskesmas mempunyai wewenang dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah kerjanya.
Kegiatan-kegiatan dalam setiap program Puskesmas disusun oleh Kepala Puskesmas dan penanggung jawab program tidak hanya mengacu pedoman atau acuan yang sudah ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, maupun Dinas Kesehatan Kota tapi juga perlu memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat terutama sasaran program.
Kebutuhan dan harapan masyarakat maupun sasaran program dapat diidentifikasi melalui survey, kotak saran, maupun temu muka dengan tokoh masyarakat. Komunikasi perlu dilakukan untuk menyampaikan inforamsi tentang program kepada masyarakat, kelompok masyarakat maupun individu yang menjadi sasaran program.

II.      LATAR BELAKANG
Kebutuhan masyarakat akan program kesehatan yang baik cenderung mengalami perubahan seiring dengan  perubahan pola hidup dan kejadian penyakit. Seiring dengan  perbaikan derajat kesehatan dan lingkungan, telah terjadi pergeseran penyebab kesakitan terbesar di banyak daerah dari penyakit infeksi menjadi penyakit degeneratif. Perubahan permintaan tersebut memiliki dampak yang cukup besar terhadap manajemen Puskesmas.
Puskesmas harus memiliki suatu mekanisme untuk memantau permintaan masyarakat secara teratur karena perubahan permintaan masyarakat akan berdampak terhadap pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas. Puskesmas harus tanggap terhadap perubahan lingkungan yang cepat dan terbuka terhadap perubahan kebutuhan dan harapan masyarakat.
Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program UKM sangat diperlukan untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program UKM, sehingga tujuan dari program UKM dapat tercapai tepat sasaran.

III.   TUJUAN
A.   Tujuan Umum
Mengetahui/mengidentifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program UKM puskesmas ..........
B.   Tujuan Khusus
1.   Mendefinisikan kebutuhan dan harapan masyarakat  terhadap program UKM.
2.   Mendapatkan informasi program yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.
3.   Mengetahui program yang sudah/belum sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
4.   Mendapatkan masukan tentang program yang dibutuhkan masyarakat, tapi belum ada dalam rencana kegiatan program.
5.   Membuat rencana tindaklanjut hasil pembahasan kebutuhan dan harapan masyarakat.
6.    
IV.    TATA NILAI
No
Tata Nilai ( TOP )
Definisi Operasional
1.
T = Tepat
Petugas melakukan pelayanan tepat sesuai jam pelayanan;
Setiap petugas memakai seragam dan atribut tepat sesuai hari kerja
2.
O = Obyektif
Setiap petugas bekerja sesuai tugas pokoknya dan berorientasi pada pencapaian kinerja yang telah ditetapkan
3.
P = Profesional
Setiap petugas bekerja sesuai standar operasional prosedur masing-masing

V.      TATA HUBUNGAN KERJA
No.
Lintas Program/lintas sektor
Peran
1.


2.
Lintas Program ( petugas promkes, gizi, KIA-KB, Kesling, P2)
Lintas Sektor
a.    Kepala desa

b.    Kader
Memberi indikator kuisioner, pelaksana kegiatan, menganalisa 

Pelindung dan penggerak masyarakat
Mitra kerja pelaksanaan program


VI.    KEGIATAN POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN
A.   Pengumpulan informasi melalui survei
1.   Pelaksana program dan penanggung jawab program menyiapkan kuesioner:
2.   Pelaksana program dan penanggung jawab program menentukan besarnya sampel sebanyak 30 sampel.
3.   Pelaksana program dan penanggung jawab program menentukan jadwal dan waktu survei.
4.   Pelaksana program dan penanggung jawab program melakukan survei sesuai jadwal.
5.   Survei dilakukan kepada sasaran program, dengan  petugas survei berada didekatnya. Petugas meminta pelanggan mengisi kuesioner, bila ada pertanyaan kuisioner yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada petugas survei.
6.   Pelaksana program dan penanggung jawab program mengecek isian kuisioner apabila belum lengkap meminta pelanggan untuk melengkapi.
7.   Pelaksana program dan penanggung jawab program membuat coding dari kuisioner untuk melakukan analisis.
8.   Pelaksana program dan penanggung jawab program melakukan analisis hasil survei.
9.   Pelaksana program dan penanggung jawab program menentukan permasalahan program yang ditemukan dan menetapkan prioritas masalah.
10. Pelaksana program dan penanggung jawab program membuat rencana tindak lanjut.
11. Penanggung jawab UKM melapor kepada kepala Puskesmas .......... tentang hasil bahasan harapan program UKM
12. Penanggung jawab UKM melakukan sosialisasi ke lintas program dan lintas sektoral mengenai hasil survei.
13. Penanggung jawab dan pelaksana program merangkum hasil dari survey dan dimasukkan dalam rencana usulan kegiatan (RUK) tahun berikutnya.
B.   Pengumpulan informasi melalui Musyawarah Masyarakat Desa
1.   Petugas menjelaskan maksud dan tujuan pertemuan
2.   Petugas mendampingi masyarakat untuk:
a.    Mengidentifikasi permasalahan kesehatan di masyarakat.
b.   Mengidentifikasi potensi masyarakat.
c.    Membahas dan melengkapi urutan prioritas masalah.
d.   Membahas dan melengkapi potensi penyelesaian masalah.
e.    Merumuskan cara penanggulangan masalah sesuai potensi.
f.     Menetapkan rencana kegiatan penanggulangan masalah.
3.   Petugas mencatat hasil musyawarah dan melaporkan ke penanggung jawab program dan penanggung jawab program UKM.
4.   Pelaksana program dan penanggung jawab program melakukan analisis hasil musyawarah desa.
5.   Pelaksana program dan penanggung jawab program menentukan permasalahan program yang ditemukan dan menetapkan prioritas masalah.
6.   Pelaksana program dan penanggung jawab program membuat rencana tindak lanjut.
7.   Penanggung jawab UKM melapor kepada Kepala Puskesmas .......... tentang hasil bahasan harapan program UKM.
8.   Penanggung jawab UKM melakukan sosialisasi ke lintas program dan lintas sektoral mengenai hasil musyawarah desa.
9.   Penanggung jawab dan pelaksana program merangkum hasil dari survey dan dimasukkan dalam rencana usulan kegiatan (RUK) tahun berikutnya.
  

VII. CARA MELAKSANAKAN KEGIATAN
1.   Survey kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program.
2.   Musyawarah masyarakat desa.

VIII.  SASARAN
Sasaran dan kegiatan ini adalah masyarakat wilayah Puskesmas .......... yang menjadi sasaran program.
IX.   JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN
No
Metode
Pengumpulan Data Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Program
Pembahasan Oleh Tim Program
Tindak Lanjut
1
Survey
Maret
Maret
Mei
2
SMD
MMD
Maret
Maret
mei

X.      EVALUASI PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN
Evaluasi dan pelaporan dilakukan setiap 1 tahun apakah pelaksana kegiatan sesuai jadwal.

XI.   PENCATATAN PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN
1.   Pencatatan : Hasil identifikasi dicatat dalam buku rekapan hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program.
2.   Pelaporan: dilakukan tim program 1 bulan sekali kepada kepala Puskesmas.
3.   Evaluasi : kegiatan dilakukan 3 bulan sekali oleh Kepala Puskesmas.
4.    

Kepala
UPT Puskesmas ..........


..........................

..........,   Maret 2017
Penanggung jawab KIA KB


....................