4112 KERANGKA
ACUAN,METODE,INSTRUMEN
ANALISIS KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT/SASARAN
TERHADAP PROGRAM UKM
I.
PENDAHULUAN
Puskesmas
merupakan Pusat Kesehatan Masyarakat yang juga membina peran serta masyarakat
di samping memberikan pelayanan secara menyeluruh dan terpadu kepada masyarakat
di wilayah kerjanya dalam bentuk kegiatan pokok. Puskesmas mempunyai wewenang
dan tanggung jawab atas pemeliharaan kesehatan masyarakat dalam wilayah
kerjanya.
Kegiatan-kegiatan
dalam setiap program Puskesmas disusun oleh Kepala Puskesmas dan penanggung
jawab program tidak hanya mengacu pedoman atau acuan yang sudah ditetapkan oleh
Kementrian Kesehatan, Dinas Kesehatan Provinsi, maupun Dinas Kesehatan Kota
tapi juga perlu memperhatikan kebutuhan dan harapan masyarakat terutama sasaran
program.
Kebutuhan
dan harapan masyarakat maupun sasaran program dapat diidentifikasi melalui
survey, kotak saran, maupun temu muka dengan tokoh masyarakat. Komunikasi perlu
dilakukan untuk menyampaikan inforamsi tentang program kepada masyarakat,
kelompok masyarakat maupun individu yang menjadi sasaran program.
II.
LATAR
BELAKANG
Kebutuhan
masyarakat akan program kesehatan yang baik cenderung mengalami perubahan
seiring dengan perubahan pola hidup dan
kejadian penyakit. Seiring dengan
perbaikan derajat kesehatan dan lingkungan, telah terjadi pergeseran penyebab
kesakitan terbesar di banyak daerah dari penyakit infeksi menjadi penyakit
degeneratif. Perubahan permintaan tersebut memiliki dampak yang cukup besar
terhadap manajemen Puskesmas.
Puskesmas
harus memiliki suatu mekanisme untuk memantau permintaan masyarakat secara
teratur karena perubahan permintaan masyarakat akan berdampak terhadap
pelayanan yang diberikan oleh Puskesmas. Puskesmas harus tanggap terhadap
perubahan lingkungan yang cepat dan terbuka terhadap perubahan kebutuhan dan
harapan masyarakat.
Identifikasi
kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program UKM sangat diperlukan
untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program UKM, sehingga tujuan
dari program UKM
dapat tercapai tepat sasaran.
III.
TUJUAN
A.
Tujuan Umum
Mengetahui/mengidentifikasi
kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap program UKM puskesmas ..........
B.
Tujuan Khusus
1.
Mendefinisikan
kebutuhan dan harapan masyarakat
terhadap program UKM.
2.
Mendapatkan informasi
program yang paling dibutuhkan oleh masyarakat.
3.
Mengetahui
program yang sudah/belum sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat.
4.
Mendapatkan
masukan tentang program yang dibutuhkan masyarakat, tapi belum ada dalam
rencana kegiatan program.
5.
Membuat
rencana tindaklanjut hasil pembahasan kebutuhan dan harapan masyarakat.
6.
IV.
TATA NILAI
No
|
Tata Nilai ( TOP )
|
Definisi Operasional
|
1.
|
T = Tepat
|
Petugas melakukan pelayanan tepat sesuai jam pelayanan;
Setiap petugas memakai seragam dan atribut tepat sesuai
hari kerja
|
2.
|
O = Obyektif
|
Setiap petugas bekerja sesuai tugas pokoknya dan
berorientasi pada pencapaian kinerja yang telah ditetapkan
|
3.
|
P = Profesional
|
Setiap petugas bekerja sesuai standar operasional
prosedur masing-masing
|
V.
TATA HUBUNGAN KERJA
No.
|
Lintas Program/lintas sektor
|
Peran
|
1.
2.
|
Lintas Program ( petugas promkes, gizi, KIA-KB,
Kesling, P2)
Lintas Sektor
a.
Kepala
desa
b.
Kader
|
Memberi indikator kuisioner, pelaksana kegiatan,
menganalisa
Pelindung dan penggerak masyarakat
Mitra kerja pelaksanaan program
|
VI.
KEGIATAN
POKOK DAN RINCIAN KEGIATAN
A.
Pengumpulan informasi
melalui survei
1.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program menyiapkan kuesioner:
2.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program menentukan besarnya sampel sebanyak 30 sampel.
3.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program menentukan jadwal dan waktu survei.
4.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program melakukan survei sesuai jadwal.
5.
Survei dilakukan
kepada sasaran program, dengan petugas
survei berada didekatnya. Petugas meminta pelanggan mengisi kuesioner, bila ada
pertanyaan kuisioner yang kurang jelas bisa ditanyakan kepada petugas survei.
6.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program mengecek isian kuisioner apabila belum lengkap meminta
pelanggan untuk melengkapi.
7.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program membuat coding dari kuisioner untuk melakukan
analisis.
8.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program melakukan analisis hasil survei.
9.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program menentukan permasalahan program yang ditemukan dan
menetapkan prioritas masalah.
10. Pelaksana
program dan penanggung jawab program membuat rencana tindak lanjut.
11. Penanggung
jawab UKM melapor kepada
kepala Puskesmas .......... tentang hasil bahasan harapan program UKM
12. Penanggung
jawab UKM melakukan
sosialisasi ke lintas program dan lintas sektoral mengenai hasil survei.
13. Penanggung
jawab dan pelaksana program merangkum hasil dari survey dan dimasukkan dalam
rencana usulan kegiatan (RUK) tahun berikutnya.
B.
Pengumpulan informasi
melalui Musyawarah Masyarakat Desa
1.
Petugas menjelaskan
maksud dan tujuan pertemuan
2.
Petugas mendampingi
masyarakat untuk:
a.
Mengidentifikasi
permasalahan kesehatan di masyarakat.
b.
Mengidentifikasi
potensi masyarakat.
c.
Membahas dan
melengkapi urutan prioritas masalah.
d.
Membahas dan
melengkapi potensi penyelesaian masalah.
e.
Merumuskan cara
penanggulangan masalah sesuai potensi.
f.
Menetapkan rencana
kegiatan penanggulangan masalah.
3.
Petugas mencatat
hasil musyawarah dan melaporkan ke penanggung jawab program dan penanggung
jawab program UKM.
4.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program melakukan analisis hasil musyawarah desa.
5.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program menentukan permasalahan program yang ditemukan dan
menetapkan prioritas masalah.
6.
Pelaksana program dan
penanggung jawab program membuat rencana tindak lanjut.
7.
Penanggung jawab UKM melapor kepada
Kepala Puskesmas .......... tentang hasil bahasan harapan program UKM.
8.
Penanggung jawab UKM melakukan
sosialisasi ke lintas program dan lintas sektoral mengenai hasil musyawarah
desa.
9.
Penanggung jawab dan
pelaksana program merangkum hasil dari survey dan dimasukkan dalam rencana
usulan kegiatan (RUK) tahun berikutnya.
VII. CARA MELAKSANAKAN
KEGIATAN
1.
Survey kebutuhan dan
harapan masyarakat terhadap program.
2.
Musyawarah masyarakat
desa.
VIII. SASARAN
Sasaran dan kegiatan
ini adalah masyarakat wilayah Puskesmas .......... yang menjadi sasaran
program.
IX.
JADWAL
PELAKSANAAN KEGIATAN
No
|
Metode
|
Pengumpulan
Data Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Program
|
Pembahasan
Oleh Tim Program
|
Tindak
Lanjut
|
1
|
Survey
|
Maret
|
Maret
|
Mei
|
2
|
SMD
MMD
|
Maret
|
Maret
|
mei
|
X.
EVALUASI
PELAKSANAAN KEGIATAN DAN PELAPORAN
Evaluasi dan
pelaporan dilakukan setiap 1 tahun apakah pelaksana kegiatan sesuai jadwal.
XI.
PENCATATAN
PELAPORAN DAN EVALUASI KEGIATAN
1.
Pencatatan : Hasil
identifikasi dicatat dalam buku rekapan hasil identifikasi kebutuhan dan
harapan masyarakat terhadap program.
2.
Pelaporan: dilakukan
tim program 1 bulan
sekali kepada kepala Puskesmas.
3.
Evaluasi : kegiatan
dilakukan 3 bulan
sekali oleh Kepala Puskesmas.
4.
Kepala
UPT
Puskesmas ..........
..........................
|
..........,
Maret 2017
Penanggung
jawab KIA KB
....................
|