Minggu, 31 Desember 2017

SOP KOMUNIKASI DAN KORDINASI LINTAS PROGRAM ,LINTAS SEKTORAL UNTUK MENYAMPAIKAN KEGIATAN –KEGIATAN UKM




KOMUNIKASI DAN KORDINASI LINTAS PROGRAM ,LINTAS SEKTORAL UNTUK MENYAMPAIKAN KEGIATAN –KEGIATAN UKM.

SOP
No. Dokumen  :
No. Revisi        :
Tanggal Terbit :
Halaman           :
UPT PUSKESMAS ...............








1. Pengertian
·      Komunikasi dengan lintas program adalah : komunikasi antar petugas pengelola program yang ada di Puskesmas, baik didalam gedung Puskesmas, maupun diluar gedung puskesmas, secara kelompok maupun secara perseorangan
·      Komunikasi dengan lintas sector adalah : komunikasi antara petugas pengelola program yang ada di Puskesmas, maupun diluar gedung Puskesmas, secara kelompok maupun secara perorangan.
·      Komunikasi adalah : pemberian informasi secara langsung/bertatap muka dengan pelanggan berupa pemberian informasi/penyuluhan, konseling, baik secara kelompok maupun secara individu kepada pelanggan program.
·      Pelanggan program adalah :
UKP ; masyarakat wilayah kerja Puskesmas ............... maupun masyarakat diluar wilayah kerja Puskesmas ............... yang berkunjung ke Puskesmas ................
UKM : masyarakat wilayah kerja Puskesmas ...............
2. Tujuan
Sebagai panduan didalam melakukan koordinasi dan komunikasi dengan Lintas Program dan Lintas Sektor.
3. Kebijakan
SK Kepala Puskesmas No.                     Tahun              tentang Koordinasi dan Komunikasi Lintas Program dan Lintas Sektor
4. Referensi
Mengukur Kepuasan Pelanggan, Ricard F. Gerson, Pd. D. 2001.
5. Prosedur /
Langkah-Langkah
A.   Komunikasi dengan Kelompok
1.   Penanggungjawab UKM dan pelaksana program UKM Puskesmas membuat rencana kegiatan Komunikasi dengan pelanggan secara kelompok,
2.   Penanggungjawab UKM dan Pelaksana Program UKM Puskesmas menetapkan kelompok sasaran dari kegiatan komunikasi,
3.   Penanggungjawab UKM dan Pelaksana program UKM Puskesmas menyusun materi komunikasi kelompok,
4.   Satu minggu sebelum pelaksaan komunikasi dengan pelanggan, pelaksana pemberi komunikasi menyiapkan materi yang akan diberikan,
5.   Satu minggu sebelum pelaksanaan komunikasi dengan pelanggan pelaksana pemberi komunikasi menyiapkan keperluan administrasi seperti surat undangan, presensi atau daftar hadir, dan lain-lain yang diperlukan untuk mendukung pelaksanaan komunikasi,
6.   Pelaksana pemberi komunikasi ( komunikan ) menyapa pelanggan ( komunite ), dan memberi salam secara terbuka dan sopan,
7.   Pelaksana pemberi komunikasi mempersilahkan komunite mengisi adminstrasi yang disiapkan bila perlu,
8.   Pelaksana menanyakan informasi tentang kebutuhan, harapan, serta keadaan pelanggan,
9.   Pelaksana pemberi komunikasi menyampaikan materi komunikasi,
10.   Pada akhir pemberi materi menyimpulkan dan menutup pertemuan,
11.   Pelaksana komunikasi/komunikan mencatat hasil komunikasi kedalam administrasi yang dipersiapkan pada buku kegiatan individu dan pada status pelanggan,
12.   Pelaksana komunikasi merapikan administrasi dan sarana yang digunakan
B.   Komunikasi dengan individu.
Dilaksanakan bersamaan dengan pelayanan.
6. Bagan alir (jika dibutuhkan)

7.Hal-hal yang perlu diperhatikan

8. Unit Terkait
·         Penanggungjawab UKM
·         Pelaksana Program
9. Dokumen terkait.

10. Rekaman historis perubahan