Kamis, 28 Desember 2017

Uraian Tugas Individu B Perawat Pelaksana Lanjutan


KOP DINAS

URAIAN TUGAS

NAMA                   : INDIVIDU B
NIP.                      :
JABATAN             : Perawat Pelaksana Lanjutan
TUGAS POKOK    : Memberikan pelayanan keperawatan individu,
                               kelompok dan masyarakat dalam upaya pening
                               katan kesehatan, pencegahan penyakit,penyem
                               buhan dan pemulihan kesehatan serta pembina
                               an peran serta masyarakat dalam rangka keman
                               dirian di bidang keperawatan / kesehatan.

FUNGSI                :
1.   Memberikan pelayanan keperawatan pada individu pasien Puskesmas (BP, UGD, Pusling, Pustu)
2.   Memberikan pelayanan keperawatan pada individu, keluarga, dan masyarakat.
3.   Memberikan pembinaan Peran Serta Masyarakat untuk kemandirian bidang kesehatan.
4.   Melaksanakan Evaluasi pelayanan keperawatan
5.   Mendeteksi dan menindaklanjuti masalah rawan kesehatan di wilayah
6.   Melaksanakan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat.
7.   Membina dusun binaan dan Posyandu
8.   Pembimbingan PKL Mahasiswa
9.   Mendokumentasikan data dan laporan kegiatan BP
10.Memfasilitasi pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan berwawasan
11.Melaksanakan tugas lain yang diberikan oleh atasan sesuai bidang Tugasnya.







TUGAS INTEGRASI:

A.PENGELOLA PRAGRAM P2 TB
1.  Mengkoordinasikan program TBkepada lintas program di Puskesmas
2.  Pelayanan / SKESP terhadap kasus TB
3.  Screening penderita TB di Puskesmas, Pustu, Pusling dan BPS
4.  Melakukan pelacakan kasus/ Penyelidikan Epidemiologi (PE) pada penderita TB.
5.  Merujuki kasus TB yang tidak bisa ditangani
6.  Monitoring kasus TB
7.  Mendokumentasikan tindakan dan kasus TB yang ditangani
8.  Penyuluhan pada Kader untuk alih informasi tentang TB
9.   Melaporkan data penderita TB ke Dinas Kesehatan setiap bulan

B.PROGRAMER JIWA
1.     Melaksanakan pendataan penderita penyakit jiwa
2.     Melaksanakan PHN penderita penyakit jiwa
3.     Monitoring pengobatan penderita penyakit jiwa
4.     Melakukan pendampingan rujukan penderita jiwa ke RS kusus jiwa
5.     Melakukan pencatatan dan pelaporan kunjungan penyakit jiwa
6.     Membuat laporankunjungan dan pengobatan penderita penyakit jiwa
7.     Mengiuti rapat koordinasi pengelola programkesehatan jiwa di Tingkat Kabupaten dan Propinsi
8.     Mengikuti pelatihan – pelatihan mengenai penyakit jiwa dalam rangka peningkatan SDM

C.PROGREMER MATA
1.     Pendataan penderita kasus mata
2.     Screening pasien katarak
3.     PHN pasien katarak (pra dan post operasi)
4.     Pencatatan penderita kasus mata

D.PENGELOLA PROGRAM  DIARE
1.   Pelacakan penderita kasus diare
2.   Pelayanan Askep terhadap kasus diare
3.   Mengumpulkan data dari register pasien di Puskesmas Induk dan Puskesmas Pembantu setiap akhie bulan
4.   Laporan berdasarkan umur (<1 th, 1 – 4 th dan 5 th) penggunaan antibiotic penggunaan oralit penggunaan obat diare.
5.   Monitoring kasus diare
6.   Merujuk kasus diare yang tidak bias ditangani
7.   Melaporkan hasil pengumpulan data ke P2 Dinas Kesehatan Kabupaten paling lambat tanggal 10 pada bulan berikutnya.







       E,SEBAGAI KETUA POKJA ADMEN TIM AKREDITASI
1.  Mengkoordinir dan melaksanakan seluruh kelengkapan yang diperlukan untuk Sertifikasi Akreditasi Puskesmas khususnya yang berkaitan dengan Administrasi dan Manajemen (Admen)
2.  Mempertahankan dan atau meningkatkan sistem manajemen mutu pelayanan kesehatan sebagai hasil Sertifikasi Akreditasi Puskesmas
3.  Membuat surat pertanggungjawaban keuangan sebagai akibat pelaksanaan kegiatan tersebut
4.  Berkoordinasi dengan pokja lain dalam pengembangan sistem manajemen mutu.

          E.PEJABAT TEKNIS
1. Menyusun perencanaan kegiatan teknis meliputi :
   - pelayanan kesehatan
   - pemberantasan penyakit dan penyehatan lingkungan

                                         
................, 3 Januari 201

Telah dibaca dan dimengerti                      Kepala UPT Puskesmas



................                                                     ..........................