KERANGKA ACUAN KEGIATAN
TENTANG IDENTIFIKASI KEBUTUHAN MASYARAKAT TERHADAP UPAYA
PERKESMAS
I.
Pendahuluan
Pelayanan kesehatan yang baik merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Semua
orang ingin dilayani dan mendapatkan kedudukan yang sama dalam pelayanan kesehatan.
Dalam Undang Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 28 dan Pasal 34 menyatakan
negara menjamin setiap warga negara mendapatkan hidup sejahtera, tempat
tinggal, kesehatan dan pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. Oleh sebab
itu puskesmas diharapkan mampu menjadi garda terdepan dari pelayanan pemerintah
yang ada ditengah-tengah masyarakat.
II.
Latar belakang
Semakin tingginya kebutuhan
masyarakat terhadap pelayanan kesehatan membawa konsekuensi bagi puskesmas
untuk meningkatkan sistem manajemen pelayanan puskesmas yang baik. Oleh sebab
itu puskesmas harus bisa memberikan pelayanan yang berkualitas seperti cepat
dan akurat. Selain itu harus dapat menjamin terhadap keselamatan, keamanan dan
kenyamaan pasien.
Melihat data yang ada,
kunjungan masyarakat ke Puskesmas ......... dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 201..,
kunjungan masyarakat ke Puskesmas ........ sebesar 59.995. Angka ini meningkat dibanding tahun 201.. sebanyak 52.945. Oleh karena itu kami yakin bahwa masyarakat akan tetap dapat
memanfaatkan pelayanan yang diberikan puskesmas.
Pukesmas sebagai
penyedia pelayanan kesehatan dasar perlu menetapkan jenis-jenis pelayanan yang
disediakan bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan permasalahan
kesehatan yang ada di wilayah kerjanya dengan mendapatkan masukan dari
masyarakat melalui proses pemberdayaan masyarakat.
III.
Tujuan umum dan tujuan khusus
A.
Tujuan umum:
Untuk mengetahui
kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan upaya puskesmas
B.
Tujuan khusus:
1.
Meningkatnya pengetahuan, sikap dan perilaku individu, keluarga,
kelompok dan masyarakat tentang kesehatan
2.
Meningkatnya penemuan-penemuan dini kasus prioritas
3.
Meningkatnya penanganan keperawatan kasus prioritas di Puskesmas
4.
Meningkatnya penanganan kasus prioritas yang mendapatkan tindak lanjut
keperawatan di rumah
5.
Meningkatnya akses keluarga miskin yang mendapatkan pelayanan
kesehatan/keperawatan kesehatan masyarakat
6.
Meningkatnya pembinaan keperawatan kelompok khusus
7.
Memperluas daerah binaan keperawatan di masyarakat
IV.
Kegiatan pokok dan rincian
kegiatan
Kegiatan pokok:
mengidentifikasi kebutuhan masyarakat tentang kegiatan upaya puskesmas.
Rincian kegiatan:
A.
Melaksanakan
pertemuan dengan masyarakat atau sasaran program dalam rangka identifikasi
kebutuhan dan harapan pengguna. Identifikasi dapat juga diperoleh dengan
melalui survey mawas diri, atau kotak saran.
B.
Hasil identifikasi dicatat dan dianalisa sebagai masukan untuk
penyusunan kegiatan.
C.
Penetapan kegiatan-kegiatan upaya puskesmas oleh Kepala Puskesmas
bersama dengan penanggungjawab upaya puskesmas.
D.
Sosialisasi kegiatan-kegiatan upaya puskesmas kepada masyarakat,
kelompok masyarakat,maupun individu.
E.
Sosialisasi kepada lintas program dan lintas sector sesuai dengan
pedoman pelaksanaan program.
F.
Pelaksanaan kegiatan.
G.
Evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut.
V.
Cara melaksanakan kegiatan
Penilaian kebutuhan
masyarakat dilakukan dengan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh masyarakat dan sektor terkait dan kegiatan
survei mawas diri, serta memperhatikan data surveilans untuk kemudian dilakukan
analisis kesehatan komunitas (community
health analysis) yang menjadi bahan untuk penyusunan rencana Perkesmas.
VI.
Sasaran
Sasaran program dalam kegiatan ini adalah:
1. Masyarakat, kelompok masyarakat dan individu
sebagai sasaran program.
2. Penanggungjawab lintas program dan lintas sector.
VII.
Jadual pelaksanaan kegiatan
Kegiatan dilaksanakan dengan matrik kegiatan sebagai
berikut:
201.
|
201
|
||||||||||||||
No
|
Kegiatan
|
Nov
|
Des
|
Jan
|
Feb
|
Mar
|
Apr
|
Mei
|
Jun
|
Jul
|
Ags
|
Sep
|
Okt
|
Nov
|
Des
|
1
|
Pertemuan dengan masyarakat
|
X
|
|||||||||||||
2
|
Pembahasan hasil identifikasi
|
X
|
|||||||||||||
3
|
Penyusunan kegiatan
|
X
|
|||||||||||||
4
|
Penetapan kegiatan upaya puskesmas
|
X
|
|||||||||||||
5
|
Sosialisasi kepada masyarakat, kelomp.masyarakat
dan individu
|
X
|
|||||||||||||
6
|
Sosialisasi lintas prog & lintas sector
|
x
|
|||||||||||||
7
|
Pelaksanaan kegiatan
|
x
|
|||||||||||||
8
|
Evaluasi,pelaporan dan tindak lanjut
|
x
|
x
|
- Evaluasi pelaksanaan
kegiatan dan pelaporan
Setiap kegiatan yang tercantum
dalam jadwal pelaksanaan dievaluasi. Evaluasi terhadap jadwal kegiatan
dilakukan oleh penanggungjawab
upaya Perkesmas.
IX.
Pencatatan, Pelaporan dan
evaluasi kegiatan
Dokumentasi yang diperlukan dalam kegiatan ini adalah:
A.
Kerangka acuan kegiatan
B.
Bukti pelaksanaan kegiatan
C.
Hasil identifikasi
D.
SPO tentang mengidentifikasi
harapan pengguna.
Pelaporan kegiatan ini
dilakukan ketika telah selesai melakukan kegiatan. Laporan dibuat oleh penanggungjawab upaya kemudian dilaporkan kepada
kepala puskesmas.