Jumat, 05 Januari 2018

KERANGKA ACUAN KEGIATAN TENTANG IDENTIFIKASI KEBUTUHAN MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PERKESMAS



KERANGKA ACUAN KEGIATAN
TENTANG IDENTIFIKASI KEBUTUHAN MASYARAKAT TERHADAP UPAYA PERKESMAS

 I.            Pendahuluan
Pelayanan kesehatan yang baik merupakan kebutuhan bagi setiap orang. Semua orang ingin dilayani dan mendapatkan kedudukan yang sama dalam pelayanan kesehatan. Dalam Undang Undang Dasar Tahun 1945 Pasal 28 dan Pasal 34  menyatakan  negara menjamin setiap warga negara mendapatkan hidup sejahtera, tempat tinggal, kesehatan dan pelayanan kesehatan yang ada di Indonesia. Oleh sebab itu puskesmas diharapkan mampu menjadi garda terdepan dari pelayanan pemerintah yang ada ditengah-tengah masyarakat.

II.          Latar belakang
Semakin tingginya kebutuhan masyarakat terhadap pelayanan kesehatan membawa konsekuensi bagi puskesmas untuk meningkatkan sistem manajemen pelayanan puskesmas yang baik. Oleh sebab itu puskesmas harus bisa memberikan pelayanan yang berkualitas seperti cepat dan akurat. Selain itu harus dapat menjamin terhadap keselamatan, keamanan dan kenyamaan pasien.
Melihat data yang ada, kunjungan masyarakat ke Puskesmas ......... dari tahun ketahun selalu mengalami peningkatan. Pada tahun 201.., kunjungan  masyarakat ke Puskesmas ........ sebesar 59.995. Angka ini meningkat dibanding tahun 201.. sebanyak 52.945. Oleh karena itu kami yakin bahwa masyarakat akan tetap dapat memanfaatkan pelayanan yang diberikan puskesmas.
Pukesmas sebagai penyedia pelayanan kesehatan dasar perlu menetapkan jenis-jenis pelayanan yang disediakan bagi masyarakat sesuai dengan kebutuhan masyarakat dan permasalahan kesehatan yang ada di wilayah kerjanya dengan mendapatkan masukan dari masyarakat melalui proses pemberdayaan masyarakat.

 III.        Tujuan umum dan tujuan khusus
A.           Tujuan umum:
Untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat terhadap kegiatan-kegiatan upaya puskesmas

B.       Tujuan khusus:
1.           Meningkatnya pengetahuan, sikap dan perilaku individu, keluarga, kelompok dan masyarakat tentang kesehatan
2.           Meningkatnya penemuan-penemuan dini kasus prioritas
3.           Meningkatnya penanganan keperawatan kasus prioritas di Puskesmas
4.           Meningkatnya penanganan kasus prioritas yang mendapatkan tindak lanjut keperawatan di rumah
5.           Meningkatnya akses keluarga miskin yang mendapatkan pelayanan kesehatan/keperawatan kesehatan masyarakat
6.           Meningkatnya pembinaan keperawatan kelompok khusus
7.           Memperluas daerah binaan keperawatan di masyarakat

IV.          Kegiatan pokok dan rincian kegiatan
Kegiatan pokok: mengidentifikasi kebutuhan masyarakat tentang kegiatan upaya puskesmas.
Rincian kegiatan:
A.       Melaksanakan pertemuan dengan masyarakat atau sasaran program dalam rangka identifikasi kebutuhan dan harapan pengguna. Identifikasi dapat juga diperoleh dengan melalui survey mawas diri, atau kotak saran.
B.       Hasil identifikasi dicatat dan dianalisa sebagai masukan untuk penyusunan kegiatan. 
C.       Penetapan kegiatan-kegiatan upaya puskesmas oleh Kepala Puskesmas bersama dengan penanggungjawab upaya puskesmas.
D.      Sosialisasi kegiatan-kegiatan upaya puskesmas kepada masyarakat, kelompok masyarakat,maupun individu.
E.       Sosialisasi kepada lintas program dan lintas sector sesuai dengan pedoman pelaksanaan program.
F.       Pelaksanaan kegiatan.
G.      Evaluasi, pelaporan dan tindak lanjut.


V.              Cara melaksanakan kegiatan
Penilaian kebutuhan masyarakat dilakukan dengan melakukan pertemuan dengan tokoh-tokoh  masyarakat dan sektor terkait dan kegiatan survei mawas diri, serta memperhatikan data surveilans untuk kemudian dilakukan analisis kesehatan komunitas (community health analysis) yang menjadi bahan untuk penyusunan rencana Perkesmas.

VI.                Sasaran
Sasaran program dalam kegiatan ini adalah:
1. Masyarakat, kelompok masyarakat dan individu sebagai sasaran program.
2. Penanggungjawab lintas program dan lintas sector.

VII.          Jadual pelaksanaan kegiatan
Kegiatan dilaksanakan dengan matrik kegiatan sebagai berikut:



201.
201
No
Kegiatan
Nov
Des
Jan
Feb
Mar
Apr
Mei
Jun
Jul
Ags
Sep
Okt
Nov
Des
1
Pertemuan dengan masyarakat
X













2
Pembahasan hasil identifikasi

X












3
Penyusunan kegiatan

X










4
Penetapan kegiatan upaya puskesmas

X











5
Sosialisasi kepada masyarakat, kelomp.masyarakat dan individu

X










6
Sosialisasi lintas prog & lintas sector


x









7
Pelaksanaan kegiatan


x











8
Evaluasi,pelaporan dan tindak lanjut







x





x

  1. Evaluasi pelaksanaan kegiatan dan pelaporan
Setiap kegiatan yang tercantum dalam jadwal pelaksanaan dievaluasi. Evaluasi terhadap jadwal kegiatan dilakukan oleh penanggungjawab upaya Perkesmas.

IX.        Pencatatan, Pelaporan dan evaluasi kegiatan
Dokumentasi yang diperlukan dalam kegiatan ini adalah:
A.                 Kerangka acuan kegiatan
B.                 Bukti pelaksanaan kegiatan
C.                 Hasil identifikasi
D.                SPO tentang mengidentifikasi harapan pengguna.
Pelaporan kegiatan ini dilakukan ketika telah selesai melakukan kegiatan. Laporan dibuat oleh penanggungjawab upaya kemudian dilaporkan kepada kepala puskesmas.