Sabtu, 13 Januari 2018

Pengertian Gejala Dan Jenis Kencing Manis

PENGERTIAN KENCING MANIS
Diabetes atau lebih di kenal dengan nama kencing manis merupakan penyakit kronis atau jangka panjang yang di tandai dengan meningkatnya kadar gula darah di dalam tubuh atau kadar gula darah dalam tubuh jauh di atas normal.
Glukosa merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh karena merupakan sumber energi utama bagi otak serta sel-sel yang membentuk jaringan pada tubuh.
   
Kencing manis ,  diabetes,  gejala diabetes,  cara pengobatan diabetes,  obat herbal diabetes,  komplikasi diabetes,  Diabetes ,  diabetes,  symptoms of diabetes,  how to treat diabetes,  diabetes herbal remedies,  complications of diabetes,
Gejala Kencing Manis

 

Gejala Diabetes?

Untuk mengetahui gejala awal diabetes merupakan cara untuk mencegah penyakit kencing manis bersarang pada tubuh kita.

Adapun gejala-gejala penyakit kencing manis adalah :
1.Sering merasa haus.
2.Sering buang air kecil, terutama di malam hari.
3.Rasa lapar yang ekstrem.
4.Turunnya berat badan tanpa sebab yang jelas.
5.Berkurangnya massa otot.
6.Terdapat keton dalam air seni. Keton adalah produk sampingan dari metabolisme otot dan lemak yang terjadi ketika produksi insulin tidak cukup.
7.Kelelahan.
8.Pandangan yang kabur.
9.Luka yang lama sembuh.
10.Sering mengalami infeksi, misalnya pada gusi, kulit, vagina, atau saluran kemih.

 Hormon Insulin dan Diabetes

Glukosa sangat di perlukan oleh seluruh sel didalam tubuh manusia agar dapat bekerja dengan normal. Kadar zat gula didalam darah dikendalikan oleh hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas, pangkreas  yaitu organ tubuh yang terletak di belakang lambung.
Akan Tetapi pankreas yang dimilik oleh penderita diabetes kurang mampu untuk memproduksi hormon insulin yang dibutuhan oleh tubuh. Dan tanpa hormon insulin, sel-sel di dalam tubuh tidak dapat menyerap dan mengolah glukosa menjadi energi.

Jenis Kencing Manis dapat di bedakan menjadi :

A.Diabetes Tipe 1

Jenis  diabetes tipe 1 merupakan golongan penderita yang  sangat tergantung pada insulin.
 Hal tersebut akan memicu terjadi peningkatan kadar glukosa di dalam tubuh sehingga akan terjadi kerusakan pada organ tubuh.
Yang menderita jenis diabetes type 1 biasanya berusia di bawah 40 tahun, yang muncul pada usia remaja atau anak-anak.  Diabetes tipe 1 juga disebut sebagai diabetes anak-anak.
Penderita kencing manis tipe 1 akan mendapatkan suntikan insulin setiap hari. Dan agar menjaga kadar gula darah di dalam tubuh tetap seimbang, yaitu harus menerapkan pola makan yang sehat serta rutin menjalankan tes darah secara rutin.

B.Diabetes Tipe 2

Diabetes tipe 2 merupakan jenis tipe penyakit kencing manis yang banyak di derita. Diabetes tipe 2 karena tubuh kurang dalam memproduksi insulin.
Gejala pada penderita diabetes tipe ini biasanya dapat dikendalikan dengan pola makan sehat dan memantau kadar glukosa dalam darah.
Diabetes tipe 2 mempunyai hubungan dengan obesitas. makin tinggi indeks massa tubuh seseorang, maka risiko diabetes tipe 2 juga meningkat. Diabetes akibat obesitas umumnya menyerang para manula.

Kencing manis ,
diabetes,
gejala diabetes,
cara pengobatan diabetes,
obat herbal diabetes,
komplikasi diabetes,
Diabetes ,
diabetes,
symptoms of diabetes,
how to treat diabetes,
diabetes herbal remedies,
complications of diabetes,