Senin, 01 Januari 2018

Penyebab Flu Singapura Menyerang Anak Balita



Penyebab Flu Singapura Menyerang Anak Balita

Flu Singapura,  penyakit ini biasanya menyerang anak balita pada umur 2 minggu hingga 5 tahun meski terkadang menyerang ke anak hingga umur 10 tahun dan orang dewasa


Flu singapura sendiri sebenarnya adalah penyakit yang menular yang diakibatkan oleh Virus RNA, Virus tersebut termasuk dalam famili picornaviridea dan genus enterovirus. Di dunia medis Flu singapura dikenal sebagai Hand, foot and mouth disease ( HFMD ) atau dalam bahasa Indonesianya adalah penyakit Kaki, tangan dan Mulut. Terjadinya wabah biasanya pada musim panas.


Flu Singapura Pada Anak,pengobatan,cara pencegahan,perawatan,obat herbal,tanda gejala,
Flu Singapura Pada Anak
                                  
Gejala Flu Singapura.

Gejala penyakit Flu Singapura adalah biasanya diawali dengan adanya demam yang tidak terlalu tinggi  ,selama kurang lebih 2 hingga 3 hari dan rasa sakit dan nyeri pada bagian leher yang disertai pilek dan nafsu makan berkurang, yang kemudian akan timbul bintik - bintik merah pada kaki, tangan dan mulut penderita, pada bagian mulut bintik merah tersebut terlihat seperti sariawan biasa tapi terasa nyeri hingga mengakibatkan penderita susah untuk menelan makanan. Terkadang juga disertai dengan muntah, diare dan dehidrasi. Apabila balita penderita mengalami Flu Singapura tesebut disertai dengan muntah, diare dan dehidrasi hingga menjadi lemah atau muncul komplikasi lainnya maka segeralah bawa penderita tersebut ke Rumah sakit untuk dirawat lebih intensif.

Cara Penularan Flu singapura.

Cara penularan virus terjadi melalui cara kontak langsung dengan penderita, melalui udara seperti contoh percikan air liur penderita saat bersin atau batuk, kontak tidak langsung melalui barang yang terkontaminasi oleh cairan yang terjadi karena pecahnya bintik - bintik merah pada tangan atau kaki penderita. Terkadang juga bisa di tularkan oleh lalat dan kecoa.

Cara Pengobatan Flu Singapura.

Pengobatan yang bisa dilakukan adalah anak yang sedang menderita Flu singapura disarankan untuk istirahat total, selain untuk penyembuhan hal tersebut juga dilakukan supaya tidak menular ke anak - anak yang lain. Beri makanan dengan gizi yang cukup dan sangat dianjurkan untuk minum air putih yang banyak, lebih bagus lagi diberikan multivitamin untuk menguatkan sistem imunitas tubuh anak dari virus tersebut.

Pencegahan supaya tidak terjangkit Flu Singapura.


Biasakan anak untuk mencuci tangan hingga bersih dengan menggunakan sabun setelah dari kamar mandi, setelah bermain dan cuci tangan sebelum makan.Penyakit ini sering menyerang pada anak yang kondisi kesehatan tubuhnya sedang lemah, maka dari itu berilah sang anak makan dengan gizi dan vitamin yang cukup dan cukup istirahat.