Rabu, 31 Januari 2018

Pupuk Pencerah Warna Aglonema dan Puring, Dosis, Cara Menggunakan

Tags


Bunga aglonema dan bunga puring merupakan tanaman hias yang mempunyai pesona keindahan yang terpancar dari daun, semakin daun menampilkan warna yang cantik serta segar dan cerah maka akan menjadikan buka tampil menawan.

Agar daun bunga dapat tampil cantik diperlukan unsur hara yang mencukupi.  Sedangkan unsur hara yang di perlukan adalah :
 
bunga angolema,jenis aglonema,pupuk aglonema,pupuk puring, cara menanam,
pupuk pewarna daun aglonema


          1.Unsur hara makro
Meliputi hidrogen (H), karbon (C), oksigen (O), kalium (K), kalsium (Ca), magnesium (Mg), nitrogen (N), dan fosfor (P).

bunga angolema,jenis aglonema,pupuk aglonema,pupuk puring, cara menanam,
pupuk pewarna bunga puring

          2.Unsur hara mikro
meliputi tembaga (Cu), besi (Fe), boron (Bo), klor (Cl), seng (Zn), mangan (Mn), dan molibdenum (Mo).
Untuk mencukupi unsur hara tersebut bisa di lakukan dengan pemupukan secara berkala, sehingga pertumbuhan tanaman hias akan tumbuh dengan optimal.

Pupuk yang digunakan untuk Aglonema dan Puring adalah :

Pupuk yang dapat digunakan untuk pemupukan bunga  aglaonema dan puring , adalah  NPK. Perbandingan ketiga unsur yang biasa digunakan adalahh  1:1:1 atau 3:1:2.
Unsur N diperlukan lebih banyak karena unsur ini merangsang pertumbuhan daun yang sehat dan segar, serta memperbanyak anakan. Unsur P bisa diberikan lebih sedikit karena unsur ini membantu pembentukan akar, bunga, dan biji. Unsur K diberikan dengan dosis yang cukup. Unsur K berguna memperlancar semua proses yang ada didalam tanaman dan memperkuat jaringan sehingga tanaman tidak mudah terserang penyakit.

Pupuk NPK yang diberikan dengan menaburkan pupuk  pada sekitar batang  sehingga pupuk  akan larut dan diserap akar.
Untuk pemberian pupuk pada tanaman hias selain melalui akar juga dapat melului daun. Pemberian pupuk melalui daun disebut dengan nama pupuk daun. Manfaat dan keuntungan pemberian pupuk melalui daun adalah pupuk akan lebih cepat di serap oleh tanaman.
Pupuk daun bisa di lakukan sebulan dua kali, dengan memberikan pupuk secara berkala maka tanaman hias akan tumbuh subur serta warna daun akan lebih cerah dan indah.
Pupuk yang dapat digunakan, yaitu Growmore, Gandasil D, Hyponex, dan Vitabloom. Selain itu, dapat juga diberi zat perangsang tumbuh agar tanaman mencapai hasil yang optimal, seperti Vitamin, Naelgro, dan Atonik.

Penggunaan Pupuk

Daun puring dan aglaonema merupakan tanaman hias yang mempunyai daya tarik dari warna daun yang tampak cantik. Untuk menghasilkan warna yang indah cerah dan bersinar di perlukan pupuk buatan. Untuk pemupukan gunakan pupuk yang memiliki komposisi NPK berimbang, seperti NPK.

Dosis pemakaian Pupuk NPK :
Bila memakai NPK 15:15:15, maka dosis pemakainnya 2 gram/1 liter air. Dosis dikurangi 1,5 gram/ 1 liter air bila menggunakan NPK 20:20:20. Penyemprotan dilakukan 2 kali dalam sebulan.

Cara Pemupukan adalah :
Mula-mula pupuk disemprotkan ke media dengan menggunakan sprayer. Sisa pupuk dapat disemprotkan ke permukaan bawah daun. Selain pupuk tambahkan vitamin B untuk memacu pertumbuhan.