SOP UMPAN BALIK DARI MASYARAKAT
1. Pengertian
|
a.
Pembahasan umpan balik dari masyarakat dan sasaran upaya kesehatan adalah: Suatu pembahasan umpan balik oleh Kepala Puskesmas,
Penanggung Jawab Upaya Kesehatan dan Pelaksana Upaya Kesehatan yang di peroleh dari masyarakat dan sasaran upaya kesehatan.
b.
Umpan balik di peroleh melalui pembahasan atau pertemuan konsultatif dengan tokoh masyarakat,
kelompok masyarakat atau individu
yang merupakan Sasaran Upaya Kesehatan.
c.
Pembahasan umpan balik darimasyarakat dan sasaran upaya kesehatan dilaksanakan pada Rapat
Mini Lokakarya Puskesmas.
|
2. Tujuan
|
Untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan sasaran upaya dan untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan upaya.
|
3. Kebijakan
|
Sebagai Pedoman dalam melaksanakan Pembahasan Umpan Balik dari masyarakat dan sasaran Upaya Kesehatan.
|
4. Referensi
|
1. Managemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Airlangga
Offset, 1999
2. Pedoman Perencanaan
Tingkat Puskesmas,Dirjen Bina
Kesehatan Masyarakat,Depkes RI
2006
|
5. Prosedur
|
1. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan mengumpulkan hasil umpan balik,
2. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan mengidentifikasi hasil umpan balik,
3. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan mendokumentasikan hasil identifikasi umpan balik,
4. Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab dan Pelaksana Upaya Kesehatan menganalisis hasil identifikasi umpan balik,
5. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan menindak lanjuti hasil analisis dengan menyampaikan
di Forum Rapat Mini
Lokakarya Puskesmas,
6. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan menyampaikan hasil analisis identifikasi umpan balik di Forum Rapat Mini Lokakarya Puskesmas,
7. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan membahashasil analisis identifikasi umpan balik dengan peserta
Forum Rapat Mini Lokakarya Puskesmas.
8. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan menyusun kesepakatan dengan membuat perbaikan rencana dan/atau pelaksanaan kegiatan Upaya Kesehatan
9. Penanggung Jawab Upaya Kesehatan melakukan tindaklanjut terhadap perbaikan rencana dan/atau pelaksanaan Kegiatan Upaya Kesehatan
10.Penanggung Jawab Upaya Kesehatan melakukan Evaluasi terhadap perbaikan
rencana maupun pelaksanaan kegiatan Upaya Kesehatan
11.Penanggung Jawab Upaya Kesehatan melaporkan hasil Evaluasi kepada Kepala Puskesmas,
|
6. Diagram
Alir
|
|
7. Dokumen
Terkait
|
Hasil umpan balik, Hasil identifikasi umpan balik, Hasil Analisis, Hasil Pembahasan, Perbaikan rencana pelaksanaan upaya, Hasil tindak lanjut Hasil Evaluasi Perbaikan rencana pelaksanaan upaya.
|
8. Distribusi
|
Pemegang Upaya Kesehatan, Admen.
|
9. Rekaman historis perubahan
No
|
Yang dirubah
|
Isi Perubahan
|
Tgl.mulai diberlakukan
|