Rabu, 17 Januari 2018

SOP UMPAN BALIK DARI MASYARAKAT

  
SOP UMPAN BALIK DARI MASYARAKAT

1.   Pengertian
a.    Pembahasan umpan balik dari masyarakat dan sasaran upaya kesehatan adalah: Suatu pembahasan umpan balik oleh Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab Upaya Kesehatan dan Pelaksana Upaya Kesehatan yang di peroleh dari masyarakat dan sasaran upaya kesehatan.
b.    Umpan balik di peroleh melalui pembahasan atau pertemuan konsultatif dengan tokoh masyarakat, kelompok masyarakat atau individu  yang merupakan Sasaran Upaya Kesehatan.
c.    Pembahasan umpan balik darimasyarakat dan sasaran upaya kesehatan dilaksanakan pada Rapat Mini Lokakarya Puskesmas.
2.   Tujuan
Untuk  meningkatkan  pelayanan  kepada  masyarakat dan sasaran upaya dan untuk melakukan penyesuaian dan perbaikan-perbaikan dalam pelaksanaan upaya.
3.   Kebijakan
Sebagai Pedoman dalam melaksanakan Pembahasan Umpan Balik dari masyarakat dan sasaran Upaya Kesehatan.
4.   Referensi
1.    Managemen Mutu Pelayanan Kesehatan, Airlangga Offset, 1999
2.    Pedoman Perencanaan Tingkat  Puskesmas,Dirjen  Bina  Kesehatan  Masyarakat,Depkes  RI  2006
5.   Prosedur
1.    Penanggung Jawab Upaya  Kesehatan  mengumpulkan hasil umpan balik,
2.    Penanggung Jawab Upaya Kesehatan  mengidentifikasi hasil umpan balik,
3.    Penanggung Jawab Upaya Kesehatan mendokumentasikan hasil identifikasi umpan balik,
4.    Kepala Puskesmas, Penanggung Jawab dan Pelaksana Upaya Kesehatan menganalisis hasil identifikasi umpan balik,
5.    Penanggung Jawab Upaya Kesehatan menindak lanjuti hasil analisis dengan menyampaikan di Forum Rapat  Mini Lokakarya  Puskesmas,
6.    Penanggung Jawab Upaya  Kesehatan menyampaikan hasil analisis identifikasi umpan balik  di Forum Rapat  Mini Lokakarya Puskesmas,
7.    Penanggung Jawab Upaya Kesehatan membahashasil analisis identifikasi umpan balik dengan peserta Forum Rapat Mini Lokakarya Puskesmas.
8.    Penanggung Jawab Upaya Kesehatan menyusun kesepakatan dengan membuat perbaikan rencana dan/atau pelaksanaan kegiatan Upaya Kesehatan
9.    Penanggung Jawab Upaya Kesehatan melakukan tindaklanjut terhadap perbaikan rencana dan/atau pelaksanaan Kegiatan Upaya Kesehatan
10.Penanggung Jawab Upaya Kesehatan melakukan Evaluasi terhadap perbaikan
rencana maupun pelaksanaan kegiatan Upaya Kesehatan
11.Penanggung Jawab Upaya  Kesehatan  melaporkan hasil Evaluasi kepada Kepala Puskesmas,
12.Penanggung Jawab Upaya Kesehatan  mendokumentasikan semua kegiatan.

6.   Diagram
Alir



 
akreditasi puskesmas,sop ukm, kak ukm ,pedoman ukm,panduan ukm,
SOP UMPAN BALIK DARI MASYARAKAT



7.   Dokumen
Terkait
Hasil umpan balik, Hasil identifikasi umpan balik, Hasil Analisis, Hasil Pembahasan, Perbaikan rencana pelaksanaan upaya, Hasil tindak lanjut Hasil Evaluasi Perbaikan rencana pelaksanaan upaya.
8.   Distribusi
Pemegang Upaya Kesehatan, Admen.

9.      Rekaman historis perubahan

No
Yang dirubah
Isi Perubahan
Tgl.mulai diberlakukan