Senin, 16 April 2018

4.1.1 SOP Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat Puskesmas


SOP Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat
  













Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat

SOP
No. Kode

Terbitan
: 1
No. Revisi
: -
Tgl. MulaiBerlaku
: 1

Halaman
: 1-4








   






1.  Pengertian
1.Umpan balik adalah komunikasi yang diberikan pada sumber pesan oleh penerima pesan untuk menunjukan pemahaman
2.Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program: pengumpulan informasi yang didapat dari umpan balik masyarakat untuk mengetahui kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program terhadap pelayanan puskesmas pokja UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat ) Kesehatan Masyarakat) yang meliputi program KIA, Gizi, P2P, Kesling dan Promkes.
3.Pelaksana  Pengumpulan Informasi Kebutuhan dan Harapan Pelanggan, dilaksanakan oleh admen, bersama dengan ketua Pokja UKM (Upaya Kesehatan Masyarakat),  penanggung jawab / pelaksana program KIA, Gizi, Promkes, Kesling, dan P2P.
4.Pengumpulan Informasi Kebutuhan dan Harapan masyarakat / sasaran program Puskesmas ..... melalui informasi langsung dari masyarakat melalui berbicara langsung, telpon dan pesan singkat (SMS), WA, BBM, dilaksanakan setiap hari baik didalam gedung maupun diluar gedung, baik hari kerja maupun di luar hari kerja. Kotak saran/kotak kepuasan pelanggan dibuka tiap hari Sabtu, sedangkan survei dengan menggunakan kuesioner dilaksanakan 2 kali setahun.

2.  Tujuan
Sebagai acuan langkah-langkah dalam melaksanakan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat
3.  Kebijakan
Keputusan Kepala UPTD Puskesmas ............... N0. 440/ B 001    /229 TAHUN 2016 tentang penyelenggaraan UKM

4.  Referensi
Kep.Men PAN No : KEP/25/M.PAN/2/2004,

5.  Prosedur



























































A. Pengumpulan informasi melalui kotak saran dan kotak kepuasan pelanggan,
1.  Petugas Puskesmas membuka kotak saran/kotak kepuasan pelanggan puskesmas setiap hari sabtu,
2.  Petugas TU merekap isi kotak saran/kotak kepuasan pelanggan didalam rekapitulasi harapan pelanggan Puskesmas,
3.  Petugas TU memisahkan/ memilah- milah sesuai dengan kelompok kerja program,
4.  Petugas TU memberikan rekapitulasi kotak saran sesuai dengan kelompok kerja,
5.  Penanggung jawab program menerima rekapitulasi kotak saran, dan dimasukan kedalam rekapitulasi kelompok
6.  Penanggung jawab dan pelaksana program melakukan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat.

B. Informasi langsung dari masyarakat
1.   Petugas menerima informasi langsung dari  masyarakat, baik bicara langsung, SMS, WA, BBM dan telepon
2.   Petugas memasukan harapan dari masyarakat kedalam buku harapan pelanggan
3.   Petugas menyerahkan informasi harapan pelanggan individu ke admen/petugas TU,
4.   Petugas TU menandatangani serah terima harapan masyarakat dan memasukkan kedalam rekapitulasi.
5.   Petugas TU menyerahkan hasil harapan pelanggan ke penanggung jawab program yang berkaitan.
6.   Penanggung jawab program membahas hasil harapan pelanggan pelayanan

C.    Survey Menggunakan Kuesioner Harapan Pelanggan
1)   Koordinator mempersiapkan kuesioner harapan pelanggan dan disepakati dalam forum rapat pokja.
2)   Survey menggunakan kuesioner dilaksanakan 2 kali setahun.
3)   Jumlah, sasaran dan jadwal survey dibahas dalam rapat pokja dan dilaporkan kepada kepala Puskesmas.
4)   Petugas yang ditunjuk di masing-masing UKM melaksanakan survey sesuai jadwal yang ditentukan.
5)   Kuesioner yang telah terisi dikumpulkan dan di rekap masing-masing penanggung jawab dan pelaksana UKM.
6)   Koordinator pokja memimpin pembahasan kajian hasil survey, analisis dan rencana tindak lanjut.
7)   Koordinator pokja melaporkan hasil kajian survey kepada kepala Puskesmas.
8)   Kepala Puskesmas meneliti dan memberi umpan balik atas laporan  koordinator.
6.  Unit Terkait
a.    Penanggung jawab dan pelaksana program UKM
b.   Kepala TU
7.   Dokumen terkait
a.     Instrumen survey harapan pelanggan ,
b.     Rekapan hasil survey kepuasan & harapan pelanggan Puskesmas,
c.      Dokumen bukti tindak lanjut atas analisis hasil survey


8.   Rekaman historis perubahan
No
Yang dirubah
Isi Perubahan
Tgl.mulai diberlakukan