PEMERINTAH
KABUPATEN........................
DINAS KESEHATAN
UPT PUSKESMAS...........
Kerangka
Acuan
Memperoleh Umpan Balik Pelaksanaan Program
A.Pendahuluan
Pelayanan kesehatan bisa berjalan dengan optimal bila pelayanan yang
diberikan kepada masyarakat sudah sesuai dengan apa yang menjadi kebutuhan dan
harapan masyarakat / sasaran program. Pelayanan kesehatan yang tidak sesuai
kebutuhan dan harapan masyarakat / sasaran program akan menimbulkan rasa tidak
puas pada sasaran program dan hasil pelayanan kesehatan yang tidak optimal.
B.Latar belakang
Dalam menyusun kegiatan-kegiatan Upaya Kesehatan
Masyarakat tidak hanya mengacu
dari hasil identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat / sasaran
Upaya Kesehatan Masyarakat saja
tapi juga memperhatikan perubahan yang terjadi. Untuk meningkatkan pelayanan
kepada masyarakat / sasaran Upaya Kesehatan Masyarakat diperlukan umpan balik. Umpan balik diperoleh
melalui pembahasan atau pertemuan konsultatif dengan tokoh masyarakat, kelompok
masyarakat atau individu melalui forum-forum yang ada.
C.Tujuan
Untuk
meningkatkan pelayanan kepada masyarakat / sasaran Upaya Kesehatan Masyarakat
dengan melakukan penyesuaian dan perbaikan-perbaikan kegiatan melalui umpan
balik yang diperoleh.
D.Cara melaksanakan kegiatan (Metode)
Cara memperoleh umpan balik adalah melalui secara
langsung, melalui SMS, telpon, WA, BBM, melalui kotak saran, melaui survey
dengan kuesioner, wawancara, diskusi,
curah pendapat melalui di mini lokakarya lintas sektor, SMD, MMD, FKD dan
pertemuan-pertemuan lain di masyarakat.
E.Sasaran
Seluruh masyarakat, pelanggan program KIA, Gizi, P2P, Kesling dan
Promkes, kader kesehatan, tokoh masyarakat, tokoh agama, serta jajaran lintas
sektoral di wilayah Puskesmas...............
F.Kegiatan
Kegiatan yang dilakukan dalam memperoleh umpan balik
G.Pencatatan, Pelaporan,
dan Evaluasi pelaksanaan kegiatan
Pencatatan,
pelaporan dan evaluasi kegiatan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat
dilakukan oleh tim. Evaluasi dilakukan untuk
melihat peaksanaan kegiatan yang meliputi metode,
jadwal, dan hasil yang diperoleh. Dari
hasil evaluasi tersebut bisa dijadikan sebagai bahan pembelajaran guna
melakukan perbaikan dan pengembangan kegiatan identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat/sasaran program berikutnya.