Sabtu, 14 April 2018

766 SOP LAYANAN KLINIS YANG MENJAMIN KESINAMBUNGAN LAYANAN


SOP  LAYANAN KLINIS YANG MENJAMIN KESINAMBUNGAN LAYANAN




 LAYANAN KLINIS YANG MENJAMIN KESINAMBUNGAN LAYANAN

SOP
No. Dokumen
7.6.6.2/SOP/1/201
No. Revisi
00
TanggalTerbit
13-1-201
Halaman
1-4
UPT Puskesmas








   
1.  Pengertian
Layanan klinis yang menjamin kesinambungan layanan adalah pelayanan klinis yang dilakukan untuk pasien mencakup kebutuhan bio psikososial spiritual dengan melibatkan seluruh tim kesehatan sesuai dengan masalah kesehatan klien

2.  Tujuan
Sebagai acuan penerapan langkah-langkah dalam melakukan layanan klinis yang menjamin kesinambungan layanan

3.  Kebijakan
SK Kepala UPT  Puskesmas  ...
Nomor:
Tentang Pelayanan Klinis UPT Puskesmas  ...

4.  Referensi

UU  Nomor  36  Tahun  2009,  tentang   Kesehatan;
Keputusan Menteri Kesehatan RI No. 128 / Men.Kes / SK / II / 2004 tentang Kebijakan Dasar Puskesmas;

5.  Prosedur / langkah-langkah
a.    Petugas menerima rekam medis pasien dari petugas pendaftaran
b.   Petugas memanggil pasien masuk ke ruang periksa
c.    Petugas melakukan anamnesa
d.   Petugas melakukan pemeriksaan fisik
e.    Petugas merumuskan diagnose pasien
f.     Petugas memberikan form pemeriksaan laborat jika di perlukan
g.    Petugas menyusun rencana asuhan pasien
h.   Petugas berkolaborasi dengan tim kesehatan lain sesuai masalah kesehatan pasien
i.     Petugas memberitahukan pasien mengenai layanan yang akan diberikan untuk mengatasi masalah kesehatan pasien
j.     Petugas mengidentifikasi persetujuan atau penolakan pasien terhadap tindakan yang akan dilakukan
k.   Petugas melakukan tindakan untuk mengatasi masalah kesehatan pasien sesuai rencana asuhan
l.     Petugas melakukan evaluasi formatif terhadap tindakan yang dilakukan
m.  Petugas menyusun rencana tindak lanjut bila masalah kesehatan pasien belum teratasi
n.   Petugas memberi pesan pada pasien untuk melakukan kunjungan ulang (kontrol) sesuai kriteria waktu yang ditentukan
o.    Petugas mendokumentasikan hasil kegiatan di dalam rekam medis pasien.
p.   Data pasien di catat di RM



6.  Diagram  Alir



7.  Hal-hal yang
perlu diperhatikan




8.  Unit Terkait
Ruang pemeriksaan kesehatan umum, Ruangan pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, MTBS, Ruangan kesehatan ibu dan anak, Ruangan imunisasi, UGD dan Rawat inap

9.  Dokumen terkait
RM


10. Rekaman historis perubahan
No
Yang diubah
Isi perubahan
Tglmulaidiberlakukan